Target 50 Ribu Kursi Formula E Dipangkas Jadi 10 Ribu, Wagub Sebut karena Lahan Ancol Terbatas
Denah sirkuit Formula E di Ancol (Diah Ayu Wardani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Keterbatasan lahan di kawasan Ancol, Jakarta Utara jadi satu faktor jumlah kursi penonton Formula E merosot. Sebelumnya, penonton Formula E ditargetkan mencapai 50 ribu. Kini, penyelenggara menyebut penonton minimum 10 ribu kursi.

Melihat desain sirkuit yang dibuat PT Jakarta Propertindo, kursi penonton tak dipasang di sepanjang lintasan, melainkan hanya beberapa titik. Beberapa sisi sirkuit juga berhimpitan dengan perumahan serta mal.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengakui soal terbatasnya lahan sirkuit Formula E.

"Terkait kapasitas (penonton) itu disesuaikan dengan kapasitas tempat yang ada. Karena memang tempatnya kan di Ancol dan juga memiliki keterbatasan. Sehingga, belum dimungkinkan dalam jumlah yang besar," kata Riza di Balai Kota DKI, Senin, 28 Maret.

Karena itu, Riza menyarankan alternatif bagi masyarakat yang nantinya ingin menonton Formula E agar dapat menyaksikan lewat saluran televisi di rumah masing-masing.

"Yang penting bagi kita, berapapun pengunjungnya, itu tetap dapat disosialisasikan Menonton itu kan tidak harus datang ke lokasi, tapi juga melalui media TV dan sebagainya," ucap dia.

Lebih lanjut, Riza mengaku, ketika jumlah kursi penonton yang disediakan berkurang, otomatis pemasukan dari gelaran Formula E lewat penjualan tiket juga menurun.

Karenanya, Jakpro selaku penyelenggara Formula E akan kembali menyesuaikan potensi pendapatan dengan cara meraih nilai keuntungan lebih banyak dari para sponsor Formula E.

"Kalau pembayaran tiket berkurang, jadi, peluang yang lain dari mana? Mungkin dari sponsor. Panitia tentu harus menghitung positif dan negatifnya. saya kira sudah dihitung. Semua keputusan yang diambil oleh panitia, saya kira itu sudah yang terbaik yang memungkinkan," tutur Riza.

Sebagai informasi, saat ini progres pengaspalan sirkuit balapan mobil listrik dari zona 1 sampai 5 sudah mencapai 87 persen. Para pekerja masih melakukan pengerjaan lapisan kedua aspal sirkuit. Ditargetkan, seluruh pembangunan sirkuit dan sarana lainnya akan selesai pada awal bulan Mei mendatang.

Bentuk trek Formula E disebut mirip seperti kuda lumping. Lalu, lokasi Jakarta International E-Prix Circuit ini memiliki 18 tikungan, 600 meter panjang trek lurus, arah lintasan searah jarum jam, dan panjang lintasan 2,4 kilometer.

Setelah selesai dibangun, sirkuit akan ditinjau dan diuji coba oleh FEO selaku pemegang lisensi Formula E. Sampai akhirnya, Formula E akan resmi digelar di Ancol pada 4 Juni 2022.