Dua Porsche 992 Siap Amankan Kompetisi Balap FIA WEC 2023, Ada Sean Gelael
Porsche 992 Turbo S Safety Car (Dok. Porsche)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam ajang balap FIA World Endurance Championship (FIA WEC), Porsche sebagai pemasok mobil safety car untuk musim 2023 akan menurunkan dua unit Porsche 992 Turbo S.

Dikutip dari laman resmi Porsche, Selasa, 14 Maret, dua unit safety car tersebut mendapat beberapa perubahan sesuai dengan standar yang diterapkan oleh FIA.

Untuk segi eksterior, perubahan pada 992 Turbo S yakni penggunaan stiker dan livery dengan kombinasi hitam dan merah khas dari Porsche. Mobil juga ditambahkan sirine yang dapat dinyalakan saat periode safety car berlangsung.

Pada bagian interior sendiri, disematkan juga jok balap merk Recaro dengan sabuk pengaman enam titik. Untuk menjaga performa dan kestabilan, terdapat roll bar yang diletakkan pada bagian belakang kursi depan.

Porsche 992 Turbo S tidak diberikan tambahan apapun dari sektor mesin. Mobil ini masih menggunakan mesin berkapasitas 3.745 cc 6-silinder segaris twin-turbo yang dapat menghasilkan daya 641 dk dan torsi 800 Nm.

Ini merupakan debut dari model 992 sebagai safety car setelah musim sebelumnya Porsche meluncurkan model 911 sebagai unit mobil safety car. Meskipun demikian, corak atau warna yang disematkan pada 992 sama seperti safety car pendahulunya dan performa yang dihasilkan juga sama.

Kedua mobil ini akan melakukan perannya sebagai safety car pada putaran pertama seri 1000 Miles of Sebring di Sebring International Raceway, Florida, Amerika Serikat pada 17 Maret ini.

Menariknya, pembalap Indonesia, Sean Gelael, turut serta berkompetisi pada balapan ini. Balapan 1000 Miles of Sebring menjadi seri pertama kejuaraan dunia balap ketahanan FIA WEC 2023 yang diikuti Sean Gelael bersama tim WRT 31. Nah, balapan musim 2023 juga diyakini akan menjadi ajang balapan paling ramai dalam sejarah FIA WEC.

Sebelumnya, Sean dan tim melakoni tes pramusim di Sebring, Amerika Serikat. Dalam sesi tes pramusim, WRT 31 tampil dengan formasi pembalap yang lengkap, termauk Robin Frinjs yang baru saja sembuh dari cedera tangan saat mengikuti Formula E di Meksiko, bulan Januari.