Pebalap Indonesia Sean Gelael Berburu Gelar FIA WEC, Perjalanan Dimulai dari Sebring
Pebalap Indonesia, Sean Gelael. (Foto: Dok. WRT)

Bagikan:

JAKARTA - Musim baru FIA World Endurance Championship (FIA WEC) akan dimulai pekan ini. Pebalap Indonesia, Sean Gelael bersama Team WRT 31 menyatakan siap bersaing untuk jadi yang terbaik.

Petualangan Sean dan tim akan dimulai di Sebring. Para pebalap bakal bersaing memperebutkan juara pada seri 1000 Miles of Sebring.

Sebelumnya, Sean dan kawan kawna melakoni tes pramusim di Sebring, Amerika Serikat. Dalam sesi tes pramusim, WRT 31 tampil dengan formasi pebalap yang lengkap, termauk Robin Frinjs yang baru saja sembuh dari cedera tangan saat mengikuti Formula E di Meksiko, bulan Januari.

Sean yakin, tahun ini memberikan hasil terbaik bagi WRT bersama bersama Frinjs dan Ferdinand Habsburg. Apalagi Sean juga telah menjalani dua hari sesi pramusim dengan 121 lap dan menjadi yang terbanyak dari semua pebalap WRT 31.

"Prologue selesai, saatnya fokus ke balapan sesungguhnya," kata Sean dalam keterangan resmi tertulis.

"Tidak ada yang lebih menggembirakan selain bisa menggeber mobil lagi. Setelah Prologue saya meyakini mobil kami masih bisa lebih cepat lagi. Istirahat dua hari sangat menolong, dan ya... pekan ini kami balapan lagi!" sahut Frinjs.

Sementara itu Habsburg menyoroti persaingan yang lebih merata di semua kelas.

"Kami pebalap LMP2 mesti sering melihat kaca spion. Kelas GT banyak, tapi di lain sisi Hypercar juga banyak. Jadi bila ingin menyusul GT, hati-hati juga bila di belakang ada mobil Hypercar yang ingin menyusul kami," katanya.

Dalam sesi pramusim yang berlangsung 11-12 Maret lalu, tim WRT 31 memang fokus pada pengembangan mobil, bukan pada fastest lap. Walau begitu mereka mampu berada di 5 Besar dan mobil WRT lain, #41, menjadi yang tercepat.

Pada tahun ini FIA WEC hanya terbagi dalam tiga kelas yaitu, Hypercar (11 mobil), LMP2 (12), dan GTE Am (14) sedangkan kelas GTE Pro ditiadakan. Untuk kelas Hypercar akan lebih meriah dengan kehadiran tim-tim baru seperti Ferrari, Cadillac, dan Porsche.

Sementara tim Alpine yang tahun lalu berlaga di kelas Hypercar dan menang di Sebring justru pindah ke kelas LMP2 dengan dua mobil.

Jadwal 1000 Miles of Sebring

Rabu, 15 Maret

21.55 - 22.55 WIB: Free Practice 1

Kamis, 16 Maret

03.35 - 04.35 WIB: Free Practice 2

22.55 - 23.55 WIB: Free Practice 3

Jumat, 17 Maret

05.55 - 06.10 WIB: Qualifying LMP2

23.00 - 07.00 WIB: Race