Turki Sukses Uji Helikopter Multiperan Gokbey: Dirancang Hadapi Geografis Sulit dan Cuaca Buruk
Helikopter multiperan Turki T625 Gokbey. (Twitter/@Temel_Kotil)

Bagikan:

JAKARTA - Unit keempat Gokbey, helikopter multiperan pertama Turki, berhasil lepas landas untuk pertama kalinya, kata kepala perusahaan yang mengembangkan helikopter itu Selasa malam.

Temel Kotil, kepala Turkish Aerospace Industries (TAI), membuat pernyataan terkait melalui akun Twitter-nya. Dia membagikan foto Gökbey selama pengujian berlangsung.

"Saya senang berbagi dengan Anda penerbangan uji #GÖKBEY ke-4 kami, yang lepas landas untuk pertama kalinya. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua rekan saya yang berharga yang bekerja siang dan malam. Kami akan selalu terus bekerja untuk lebih," tulisnya seperti melansir Daily Sabah 18 Mei.

Helikopter Gökbey T625 sedang dikembangkan sebagai bagian dari Program Helikopter Asli, yang dikoordinasikan oleh Presidensi Industri Pertahanan (SSB).

Pesawat seberat enam ton dengan mesin ganda ini, dirancang untuk fleksibilitas misi yang tinggi bahkan di lingkungan geografis yang paling sulit dan kondisi cuaca buruk, sedang dikembangkan sebagai tanggapan terhadap permintaan pasar yang meningkat akan fleksibilitas misi yang lebih tinggi di kelas ini.

Prototipe T625 sebelumnya ditenagai oleh sepasang mesin turboshaft LHTECs dan CTS800 4-AT yang masing-masing memiliki 1.373 tenaga kuda poros, dibuat dalam kemitraan bersama Rolls-Royce dan Honeywell.

Jika tidak ada aral melintang, helikopter ini akan segera ditenagai oleh mesin produksi dalam negeri yang diproduksi oleh anak perusahaan TAI, TUSAŞ Engine Industries (TEI).

Prototipe kedua mesin helikopter domestik pertama TEI-TS1400, TS4, berhasil dimulai pada Januari 2021, menyusul pengoperasian awal prototipe pertama.