Gelar Latihan Militer untuk Peringati AS, China: Tentara Kami Mampu Mengusir Asing dan Menghancurkan Rencana Kemerdekaan Taiwan
Ilustrasi militer China. (Wikimedia Commons/DoD/U.S. Air Force/Staff Sgt. D. Myles Cullen)

Bagikan:

JAKARTA - China menggelar latihan militer di perairan dekat Taiwan, mengirim peringatan serius ke Amerika Serikat, kata juru bicara Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), Rabu.

Pasukan Komando Teater Timur telah berpatroli di perairan dekat Taiwan dan mengadakan latihan militer yang melibatkan berbagai cabang dinas, kata She Yi dalam sebuah pernyataan. Ini adalah peringatan serius bagi AS atas kegiatannya baru-baru ini di Taiwan, menurut pernyataan itu.

"AS telah meningkatkan upaya untuk 'mendorong separatis di Taiwan'. "Ini adalah upaya yang sia-sia, yang hanya dapat menyebabkan situasi berbahaya. Dan Amerika Serikat juga akan menghadapi konsekuensi yang serius," tegas pernyataan tersebut melansir TASS 25 Mei.

"Tentara kami telah memutuskan dan mampu mengusir campur tangan asing dan menghancurkan rencana mereka yang mendukung apa yang disebut kemerdekaan Taiwan," sambung pernyataan tersebut.

Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengatakan, AS akan membayar 'harga yang tak tertahankan' jika terus menempuh jalan yang salah dalam masalah Taiwan, mengomentari pernyataan Presiden AS Joe Biden baru-baru ini yang siap membela Taiwan dengan kekuatan jika diserang.

"AS terus memainkan permainan kata-kata seputar prinsip 'satu China'. Tetapi saya ingin mengingatkan pihak Amerika, bahwa tidak ada kekuatan di dunia, bahkan di dalam AS, yang dapat menyelamatkan kekuatan yang menganjurkan 'kemerdekaan Taiwan dari kekalahan," ucapnya memperingatkan.

Menurutnya, AS melanggar janji tentang masalah Taiwan, mengikis dan menghapus prinsip "satu China". Selain itu, secara diam-diam dan terang-terangan menghasut dan mendukung aktivitas separatis yang ditujukan untuk kemerdekaan Taiwan.

"Jika AS terus menempuh jalan yang salah, ini tidak hanya akan menciptakan konsekuensi yang tidak dapat diubah untuk hubungan China-Amerika, ini juga akan memaksa AS untuk membayar harga yang sangat tinggi pada akhirnya," lugasnya.

Menurut Wang Wenbin, China memiliki keyakinan penuh, kemampuan penuh dan siap untuk secara tegas mengekang kegiatan separatis yang ditujukan untuk kemerdekaan Taiwan, dengan tegas menahan campur tangan eksternal dan dengan teguh mempertahankan kedaulatan negara dan integritas teritorialnya.