Kecanggihan Helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk yang Didatangkan Prabowo dari AS
Lustrasi Helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk (Foto: Pixabay/Military_Material)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto kembali menambah alat utama sistem senjata (alutsista) baru untuk TNI. Kali ini, Prabowo membeli 24 unit Helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk dari pabrikan Lockheed Martin, Amerika Serikat. Lantas, seperti apa kecanggihan Helikopter Sikorsky S-70m Black Hawk?

Perlu diketahui, informasi pembelian alutsista anyar tersebut diketahui setelah Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia (DI) Gita Amperiawan dan Vice President of Global Business Development Sikorsky Lockheed Martin, Jeff White, menandatangani Head of Agreement (HOA) atau perjanjian pendahuluan di fasilitas Lockheed Martin, Washington, pada Rabu, 23 Agustus 2023 waktu setempat.

Penandatangan HOA itu disaksikan langsung oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto.

“Kerja sama ini akan dapat menambah kekuatan TNI sekaligus memperkuat industri pertahanan,” ujar Prabowo dalam rilisnya, dikutip VOI.

Sementara itu, Direktur Utama PTDI Gita Amperiawan menyampaikan, melalui kesepakatan ini, PTDI akan terus mengembangkan aktivitas yang diperlukan untuk membawa Black Hawk ke Indonesia.

“Kerja sama strategis antara PTDI dan Sikorsky ini akan menghasilkan nilai tambah yang diperoleh atas kemampuan PTDI dalam integrasi, kustomisasi, modifikasi dan peningkatan sistem untuk penyelesaian helikopter,” tutur Gita.

Dia menambahkan, kerja sama ini memungkinkan PTDI untuk bisa melakukan MRO pada Helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk, berikut sistem dan engine-nya.

Selain itu, dengan menjadi pemasok resmi Sikorsky, PTDI juga dapat mengembangkan bisnis aerostructure-nya.

Sementara itu, Presiden Sikorsky, Paul Lemmo menyebut perjanjian ini mencerminkan komitmen bersama dengan PTDI untuk menyediakan helikopter S-70M Black Hawk guna memenuhi kebutuhan keamanan Indonesia.

"Black Hawk dirancang dan dibangun sesuai standar militer yang paling ketat, mampu mengantarkan personel dan persediaan dengan cepat dan dapat diandalkan ke daerah yang terpencar di seluruh wilayah kepulauan Indonesia,” kata Paul Lemmo.

Kecanggihan Helicopter Sikorsky S-70M Black Hawk

Helikopter Sikorsy S-70M Black Hawk dirakit di fasilitas PZL Miele milik Lockheed Martin, Polandia. Hekikopter multiperan ini digunakan oleh militer AS dan angkatan bersenjata 34 negara lain di seluruh dunia dan merupakan utilitas yang tangguh dan andal.

Dikutip dari laman resmi Lockheed Martin, Helikopter S-70M Black Hawk mampu beroperasi dalam kondisi cuaca ekstrem baik siang maupun malam, termasuk transportasi pasukan, evakuasi medis, pemadam kebakaran, pencarian dan penyelamatan, dan lain sebagainya.

Tak cukup sampai disitu, helikopter ini juga dapat dijadikan sebagai alat angkut serba guna dengan daya angkut berkapasitas berkapasitas 10,350 lbs (4,695 kg), serta daya angkut eksternal sebesar 9,000 lbs (4,082 kg).

Luas ruang kabin Helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk yakni 11,2 m3 /396 kaki dengan tempat duduk eksekutif dan komunikasi untuk transportasi yang nyaman, aman, terjamin untuk angkut personel dan VIP atau Kepala Negara, serta dibekali dengan standar keamanan pilot yang cukup ketat.

Dengan avionik digital, mesin GE yang bertenaga, struktur badan pesawat berkekuatan tinggi, dan bilah rotor komposit lebar, Helikopter Black Hawk memiliki kemampuan bertahan hidup dan kesadaran situasional yang lebih baik.

Black Hawk tak hanya digunakan sebagai helikopter bersejata, namun juga memberikan pemadaman kebakaran ketika mendukung pasukan darat, serta pengawalan bersenjata.

Demikian informasi tentang kecanggihan Helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.