Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswdan punya pesan khusus untuk Gubernur DKI yang akan menggantikannya di periode mendatang.

Anies bilang, pemimpin DKI selanjutnya diharapkan bisa lebih memperhatikan Kepulauan Seribu agar pembangunan bisa setara dengan kota administratif Jakarta lainnya.

"Kami berharap siapapun yang nanti mengelola Jakarta akan menempatkan Kepulauan Seribu sebagai bagian penting untuk diperhatikan dan ditumbuhkan," kata Anies di Kepulauan Seribu, Selasa, 24 Mei.

Anies mengingatkan kembali bahwa kawasan DKI Jakarta tak cuma berupa daratan di Pulau Jawa namun juga kepulauan yang terletak di utara Pulau Jawa.

Sayangnya, selama ini, harga kebutuhan pokok bagi warga di Kepulauan Seribu kerap lebih mahal dibanding kota lainnya karena kendala logistik yang lebih sulit dijangkau.

Namun, saat menjabat, Anies menyediakan pasar grosir yang menjual bahan kebutuhan pokok masyarakat Kepulauan Seriby dengan harga lebih terjangkau.

"Apa yang dibangun di sini? Semacam pasar grosir, sehingga pedagang-pedagang di Kepulauan Seribu tidak perlu kulakan ke (Pasar) Kramat Jati atau kulakan ke daratan Jawa. Mereka bisa mendapatkan di sni karena Pasar Jaya menyiapkan pasar grosir yang harganya sama dengan di Jakarta," urai Anies.

Kemudian, Anies juga telah membangun sistem penyediaan air bersih dengan cara desalinasi untuk mengubah air laut menjadi air tawar, yakni Sea Water Refresh Osmosis (SWRO).

"Ada air bersih, SWRO, di mana air laut diolah sehingga menjadi air bersih yang digunakan oleh warga," ucap Anies.

Lalu, Anies mengklaim telah berupaya menyediakan energi listrik yang merata untuk pulau berpenghuni di Kepulauan Seribu. Serta, pembangunan sistem pembuangan air kotor dan air limbah.

"Kemudian, tentu kesehatan pendidikan, kita memberikan perhatian besar kepada kepulauan seribu selama beberapa tahun ini," lanjut Anies.