Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan revitalisasi Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara. Saat ini, Pelabuhan Muara Angke melayani pembelian tiket kapal secara nontunai lewat aplikasi Jaket Boat.

Direktur Teknologi dan Operasional BUMD Bank DKI Amirul Wicaksono menuturkan, sistem tiket penyeberangan elektronik atau e-ticketing tengah dikembangkan untuk memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Seribu.

"Pemprov DKI Jakarta untuk berkolaborasi bersama Bank DKI untuk mendukung revitalisasi Pelabuhan Kali Adem Muara Angke dengan menyediakan layanan transaksi non tunai, baik dalam e-ticketing system pada aplikasi pemesanan tiket Jaket Boat," kata Amirul dalam keterangannya, Senin, 3 Oktober.

Jaket Boat (Jakarta e-Ticketing Boat) merupakan aplikasi yang dikembangkan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dengan Bank DKI dalam pemesanan dan pembayaran tiket dari Pelabuhan Kali Adem Muara Angke menuju Kepulauan Seribu.

"Melalui aplikasi Jaket Boat, para wisatawan dapat mengunjungi tempat wisata di Kepulauan Seribu seperti Pulau Kelor, Pulau Bidadari, hingga sejumlah pulau lainnya," ucap dia.

Wisatawan atau pengunjung cukup melakukan download aplikasi Jaket Boat pada Google Play Store untuk handphone berbasis Android dan App Store untuk handphone berbasis IOS.

Sebelum membeli tiket, pengguna terlebih dahulu melakukan pendaftaran, masuk pada menu utama Jaket Boat dan pilih "Beli Tiket Kapal".

Selanjutnya, isi data keberangkatan, pulang dan jumlah penumpang untuk mencari ketersediaan tiket kapal. Setelah itu, akan tampil informasi tiket yang tersedia. Tahapan selanjutnya, isi identitas penumpang kemudian lanjutkan pembayaran.

Tahapan terakhir, pilih metode pembayaran dengan Virtual Account Bank DKI atau QRIS, lalu klik bayar. Tiket kemudian akan muncul berbentuk QR Code yang dapat di scan pada gate masuk pelabuhan.

Terdapat 2 jenis kapal yang melayani rute perjalanan menuju Kepulauan Seribu, yaitu Kapal Dinas Perhubungan dengan kisaran harga tiket Rp 44.000-Rp 74.000 dan Kapal Tradisional dengan harga tiket Rp 82.000-Rp 150.000.

Terdapat 3 jalur lintasan utama angkutan perairan yang dilayani di Pelabuhan Muara Angke, yakni:

- Lintasan utama jalur pertama, yaitu: Muara Angke - Untung Jawa - Lancang - Tidung

- Lintasan utama jalur kedua, yaitu: Muara Angke - Pari - Pramuka

- Lintasan utama jalur ketiga, yaitu: Muara Angke - Kelapa – Sebira