Bagikan:

JAKARTA - Badan keamanan Israel Shin Bet memperingatkan dalam sebuah pernyataan, Iran telah meningkatkan upaya untuk melakukan pembunuhan di negara itu.

Baru-baru ini, beberapa rencana pembunuhan digagalkan, termasuk beberapa yang dalam tahap yang sangat lanjut, yang rinciannya belum dirilis ke publik, kata Shin Bet.

"Dalam beberapa minggu terakhir, Shin Bet telah mendeteksi peningkatan signifikan dalam upaya Iran untuk memajukan serangan pembunuhan terhadap target di Israel," kata badan tersebut, melansir The Times of Israel 30 September.

Lebih jauh Shin Bet mengungkapkan, Iran telah berupaya merekrut warga sipil Israel untuk melukai pejabat senior di negara tersebut.

Mereka mencatat penangkapan Moti Maman baru-baru ini, yang diselundupkan ke Iran dua kali dan ditugaskan untuk membantu membunuh perdana menteri, menteri pertahanan, atau kepala Shin Bet.

Badan tersebut juga mengatakan, Iran telah berupaya merekrut warga Israel secara daring. Para operator Iran menemukan target Israel di media sosial, termasuk saluran yang berkaitan dengan mata uang kripto, keuangan, dan pencarian kerja, kata Shin Bet.

Dikatakan, para agen Iran akan menawarkan gaji tinggi kepada orang Israel tersebut untuk melaksanakan berbagai tugas, termasuk "menempatkan uang atau telepon di berbagai area di Israel, mendistribusikan selebaran, melukis grafiti bahkan membakar mobil serta melukai orang secara fisik," menurut Shin Bet.

"Shin Bet meminta masyarakat untuk lebih memperhatikan dan lebih berhati-hati dalam kasus apa pun yang menimbulkan kecurigaan, terutama jika jumlah yang terlibat besar dan tidak sesuai dengan sifat tugas yang diminta, atau jika tugas yang diminta tidak biasa," kata badan tersebut.

Shin Bet juga meminta masyarakat untuk melaporkan aktivitas yang mencurigakan.