Pasukan Rusia Tidak Siap untuk Perangi Ukraina, Mantan Tentara Bayaran Wagner Group: Terkejut Hadapi Militer Sungguhan, Bukan Milisi
Ilustrasi tentara Ukraina. (Wikimedia Commons/Ministry of Defense of Ukraine)

Bagikan:

JAKARTA - Kegagalan militer Rusia untuk merebut ibukota Ukraina tidak dapat dihindari karena pada tahun-tahun sebelumnya mereka tidak pernah secara langsung menghadapi musuh yang kuat, menurut mantan tentara bayaran Wagner Group yang terkait dengan Kremlin yang bertempur bersama tentara Rusia.

Marat Gabidullin mengambil bagian dalam misi Wagner Group atas nama Kremlin di Suriah dan dalam konflik sebelumnya di Ukraina, sebelum memutuskan untuk mengumumkan pengalamannya di dalam perusahaan militer swasta rahasia.

Dia keluar dari kelompok Wagner pada 2019, tetapi beberapa bulan sebelum Rusia melancarkan invasi pada 24 Februari, Gabidullin (55) mengatakan dia menerima telepon dari seorang perekrut yang mengundangnya untuk kembali berperang sebagai tentara bayaran di Ukraina.

Dia menolak, sebagian karena, katanya, dia tahu pasukan Rusia tidak mampu melakukan pekerjaan itu, meskipun mereka meneriakkan persenjataan senjata baru mereka. Termasuk keberhasilan mereka di Suriah di mana mereka membantu Presiden Bashar al-Assad mengalahkan pemberontakan bersenjata.

"Mereka benar-benar terkejut bahwa tentara Ukraina melawan dengan sangat keras dan bahwa mereka menghadapi tentara yang sebenarnya," kata Gabidullin tentang kemunduran Rusia di Ukraina, melansir Reuters 11 Mei.

peskov
Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov. (Wikimedia Commons/Kremlin.ru/Пресс-служба Президента России)

Dia mengatakan orang-orang yang dia ajak bicara di pihak Rusia telah mengatakan kepadanya, mereka diperkirakan akan menghadapi milisi-milisi usang ketika mereka menginvasi Ukraina, bukan pasukan reguler yang terlatih dengan baik.

"Saya memberi tahu mereka: 'Teman-teman, itu kesalahan'," terang Gabidullin, yang sekarang berada di Prancis di mana dia menerbitkan buku tentang pengalamannya bertarung dengan Grup Wagner.

Terpisah, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan dia tidak tahu siapa Gabidullin dan apakah dia pernah menjadi anggota perusahaan militer swasta.

"Kami, negara bagian, pemerintah, Kremlin tidak dapat melakukan apa-apa dengan itu," tandasnya.

Sementara itu, pihak Kementerian Pertahanan Rusia tidak menanggapi permintaan komentar.

Rusia menyebut tindakannya di Ukraina sebagai "operasi khusus" yang dikatakan tidak dirancang untuk menduduki wilayah, tetapi untuk menghancurkan kemampuan militer tetangga selatannya dan menangkap apa yang dianggapnya sebagai nasionalis berbahaya.

Gabidullin adalah bagian dari kelompok kecil tapi berkembang dari orang-orang di Rusia, dengan latar belakang keamanan yang telah mendukung serangan asing Presiden Vladimir Putin, tetapi sekarang mengatakan cara perang dilakukan tidak kompeten.

Senada dengan Gabibullin, Igor Girkin, yang membantu memimpin pemberontakan bersenjata pro-Kremlin di Ukraina timur pada 2014, mengkritik cara kampanye ini dilakukan. Alexei Alexandrov, seorang arsitek pemberontakan 2014, mengatakan kepada Reuters pada Maret bahwa invasi itu adalah sebuah kesalahan.

Gabidullin mengambil bagian dalam beberapa bentrokan Suriah paling berdarah di Provinsi Deir al-Zor, di Ghouta dan dekat kota kuno Palmyra. Dia terluka parah pada tahun 2016 ketika sebuah granat meledak di belakang punggungnya selama pertempuran di pegunungan dekat Latakia.

Ia menghabiskan seminggu dalam keadaan koma dan tiga bulan di rumah sakit, tempat dia menjalani operasi untuk mengangkat salah satu ginjal dan beberapa ususnya. Reuters secara independen telah memverifikasi bahwa dia berada di Wagner Group dan pernah berperang di Suriah.

Pasukan Wagner Group telah dituduh oleh kelompok hak asasi manusia dan Pemerintah Ukraina, melakukan kejahatan perang di Suriah dan Ukraina timur mulai tahun 2014 dan seterusnya. Gabidullin mengatakan dia tidak pernah terlibat dalam pelanggaran semacam itu.

Keterlibatan Moskow membantu mengubah gelombang perang Suriah mendukung al-Assad, tetapi Gabidullin mengatakan militer Rusia membatasi diri terutama untuk serangan dari udara, sementara mengandalkan tentara bayaran Wagner dan proxy lainnya untuk melakukan bagian terbesar dari pertempuran di darat.

Tugas militer Rusia juga lebih mudah. Lawannya, ISIS dan milisi lainnya, tidak memiliki sistem anti-pesawat atau artileri.

tentara rusia
Ilustrasi tentara Rusia di Ukraina. (Wikimedia Commons/Mil.ru)

Memerangi Ukraina, katanya, adalah proposisi yang berbeda.

"Saya sudah cukup melihat mereka di Suriah. (Militer Rusia) tidak ambil bagian dalam pertempuran secara langsung," katanya dalam sebuah wawancara di Paris untuk mempromosikan bukunya, yang akan diterbitkan oleh penerbit Prancis Michel Lafon bulan ini.

"Angkatan militer, ketika dibutuhkan untuk belajar bagaimana berperang, tidak belajar bagaimana berperang secara nyata," tandasnya.

Gabidullin mengatakan meskipun dia tahu invasi Rusia ke Ukraina akan datang, dia tidak mengharapkannya dalam skala seperti itu.

"Saya bahkan tidak bisa berpikir bahwa Rusia akan mengobarkan perang terhadap Ukraina. Bagaimana bisa? Tidak mungkin," tandasnya.

Wagner Group adalah entitas informal, dengan, setidaknya di atas kertas, tanpa kantor atau staf. Departemen Keuangan AS dan Uni Eropa mengatakan Wagner Group terkait dengan pengusaha Rusia Yevgeny Prigozhin, kendati ia telah membantah tautan semacam itu.

Manajemen dan Konsultasi Concord, bisnis utama Prigozhin, tidak menanggapi permintaan komentar.

Diketahui, Presiden Vladimir Putin mengatakan kontraktor militer swasta memiliki hak untuk bekerja, mengejar kepentingan mereka di mana pun di dunia selama mereka tidak melanggar hukum Rusia.

Meski demikian, Presiden Putin mengatakan Wagner Group tidak mewakili negara Rusia atau dibayar olehnya.