Wali Kota Solok Jadi Kepala Daerah Ketiga di Sumbar Positif COVID-19
Ilustrasi/Pixabay

Bagikan:

PADANG - Penyebaran virus Covid-19 di Sumatera Barat kembali menyasar kepala daerah. Kini giliran Wali Kota Solok, Sumatera Barat (Sumbar) Zul Elfian yang terkonfirmasi positif COVID-19. 

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Solok, Nurzal Gustim, membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan hasil tes swab yang dilakukan Zul Elfian keluar pada Kamis, 27 Agustus sore.

"Berdasarkan hasil swab tes cepat atau yang disebut TCM yang dilakukan oleh pihak RSUD terhadap beliau menunjukan hasil terkonfirmasi positif COVID-19," kata Nurzal Jumat, 28 Agustus.

Zul sempat mengalami gangguan penciuman sebelum dipastikan positif. Gangguan penciuman itu tak dapat diketahui penyebabnya lewat rontgen.

"Kemampuan indra penciuman menurun dan setelah dirontgen serta dilakukan pemeriksaan laboratorium hasilnya tidak tampak kelainan," kata Nurzal.

Zul Elfian saat ini menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Solok juga akan melakukan tes swab terhadap orang-orang yang kontak erat dengan Zul sebelumnya.

Zul Elfian menjadi kepala daerah ketiga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumbar. Selain dia, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni dan Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz juga positif COVID-19.

Erwin Yunas terkonfirmasi positif sejak 19 Agustus. Empat hari kemudian giliran Ali Mukhni yang terkonfirmasi positif setelah melakukan tes swab.