Curah Hujan Diprediksi Tinggi di 2022, BPBD Lebak Imbau Pengemudi Mobil Motor Waspada Longsor
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Febby Rizky Pratama (Foto: DOK ANTARA)

Bagikan:

LEBAK - Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten mengimbau pengemudi kendaraan roda dua dan roda empat mewaspadai ancaman longsor tanah dan pohon tumbang di sejumlah ruas jalan. 
 
Imbauan ini diberikan menyusul curah hujan yang diperkirakan meninggi pada awal 2022. "Peringatan imbauan kewaspadaan itu untuk mengurangi risiko kebencanaan, " kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Febby Rizky Pratama di Lebak, Antara, Sabtu, 1 Januari.
 
Cuaca buruk pada pergantian Tahun Baru 2022 sangat berpotensi menimbulkan bencana alam mengingat wilayah Kabupaten Lebak terdapat pegunungan, perbukitan dan aliran sungai.
 
Peluang hujan lebat disertai angin kencang dan sambaran kilat berpotensi terjadi siang, sore hingga malam hari. Karena itu, BPBD Lebak minta pengendara agar menghindari ruas jalan yang melintasi pegunungan dan perbukitan.
 

Saat ini, kata dia, ruas jalan yang menghubungkan antarkecamatan di Kabupaten Lebak rawan bencana alam. Di antaranya ruas jalan Rangkasbitung-Malingping, Rangkasbitung-Muncang dan Cipanas - Warung Banten. Ruas jalan Cimarga - Leuwidamar - Bojongmanik - Cirinten - Gunung Kencana - Muncang - Sobang.

"Kami minta pengendara sepeda motor maupun mobil pribadi jika hujan lebat disertai angin kencang dan sambaran kilat lebih baik menghentikan perjalanan untuk menghindari bencana alam itu," katanya.