Desakan Ganti Menkeu Sri Mulyani, Pimpinan DPR: Kalau Minta Copot, Biasanya Malah Dipertahankan Jokowi
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/ Dok Kemenkeu

Bagikan:

JAKARTA - Pimpinan DPR RI menyarankan para pimpinan MPR RI untuk rapat atau duduk bersama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani guna memperbaiki hubungan yang belakangan ini memanas.

Usai Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad meminta Presiden Joko Widodo untuk mencopot Sri Mulyani dari jabatannya yang dianggap tidak kooperatif usai diundang dua kali. Hal ini juga didukung Ketua MPR Bambang Soesatyo dan para pimpinan MPR lainnya.

Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra, Muhaimin Iskandar, mengatakan pimpinan MPR bisa menempuh jalur dialog sebagai solusi mengatasi permasalahan yang ada.

"Lakukan rapat dengan pemerintah, cari solusi," ujar Muhaimin di Jakarta, Jumat, 2 Desember.

Ketua Umum PKB menilai, mengusulkan Presiden Jokowi untuk memecat seorang menteri adalah hal yang tidak produktif, apalagi dilakukan pimpinan lembaga. Lagipula, kata Cak Imin, melantik atau mencopot menteri adalah hak prerogatif Presiden Jokowi.

Bahkan mungkin, kata Cak Imin, semakin didorong untuk dicopot justru Presiden Jokowi malah akan dipertahankan.

"Kalau dengan cara minta diberhentikan segala macam, biasanya malah dipertahankan oleh Pak Jokowi. Sia-sia kan," kata Cak Imin.


Sebelumnya, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, mengaku kesal kepada Menkeu Sri Mulyani yang ingkar janji atas dukungannya terhadap program sosialisasi empat pilar lantaran kerap memangkas anggaran. Namun, belakangan juga banyak kalangan masyarakat yang kecewa dengan kinerja menteri keuangan dua periode tersebut.

Pimpinan MPR dari unsur DPD RI itu menilai, desakan untuk mencopot Sri Mulyani dari jabatannya merupakan hal yang perlu dipertimbangkan oleh Presiden Jokowi. Pasalnya, kata Fadel, kebijakan dan program Menkeu dalam menstabilkan keuangan negara, juga tidak terlalu bagus.

Bahkan Fadel juga mengaku mendapatkan banyak laporan dari para menteri yang mengeluhkan Menkeu Sri Mulyani dalam mengelola keuangan negara.

"Ada beberapa teman-teman juga menyampaikan konflik, konflik antara menteri dengan menteri keuangan sangat tajam di kabinet saat ini. Mereka semua menyampaikan dan semua yang hadir disitu pimpinan-pimpinan partai politik," kata Fadel, Selasa, 30 November.

"Hanya ini kita minta agar presiden memberhentikan mencopot menteri keuangan karena tidak cakap dalam mengatur kebijakan pemerintahan yang ada,” tandasnya.