Fadel Muhammad yang Minta Copot Menkeu Sri Mulyani Punya Harta Hampir Rp100 Miliar dan Tak Punya Utang
Wakil Ketua MPR, Fadel Muhammad (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani diganti. Permintaan ini, perlu dipertimbangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena ia kerap memotong anggaran. Meski pada awalnya akibat Sri Mulyani yang beberapa kali tak hadiri undangan rapat.

Pernyataan ini kemudian jadi sorotan.

Lalu, berapa harta kekayaan yang dimiliki oleh Fadel Muhammad yang merupakan Wakil Ketua MPR RI dari unsur DPD RI tersebut?

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) per 12 Maret lalu, Fadel tercatat punya harta mencapai Rp98.594.459.910 dan tidak memiliki utang.

Dalam laporannya itu, dia tidak mencatatkan kepemilikan kendaraan bermotor. Namun, Fadel memiliki delapan tanah dan bangunan yang ada di Jakarta Selatan dan Bogor, Jawa Barat dengan nilai mencapai Rp41.745.650.000.

Selanjutnya, dia tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp958.950.000; surat berharga bernilai Rp41.375.407.772; dan kas setara kas Rp14.514.452.138.

Diberitakan sebelumnya, Fadel Muhammad mengaku kesal kepada Menkeu Sri Mulyani yang kerap memangkas anggaran. Ia juga menyebut banyak kalangan masyarakat yang kecewa dengan kinerja menteri keuangan dua periode tersebut.

Sehingga, dia merasa desakan untuk mencopot Sri Mulyani dari jabatannya merupakan hal yang perlu dipertimbangkan oleh Presiden Jokowi. Apalagi, Srimul dianggap tidak punya program kerja dan kebijakan yang bagus dalam menstabilkan keuangan negara.

Selain itu, Fadel juga mengaku mendapatkan banyak laporan dari para menteri yang mengeluhkan Menkeu Sri Mulyani dalam mengelola keuangan negara.

"Ada beberapa teman-teman juga menyampaikan konflik, konflik antara menteri dengan menteri keuangan sangat tajam di kabinet saat ini. Mereka semua menyampaikan dan semua yang hadir disitu pimpinan-pimpinan partai politik," kata Fadel.

"Hanya ini kita minta agar presiden memberhentikan mencopot menteri keuangan karena tidak cakap dalam mengatur kebijakan pemerintahan yang ada,” tandasnya.