Amankan Reuni 212 di Kawasan Terbatas Istana Negara, KSAD Dudung Turun Lapangan
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman/ Foto:IST

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman terjun langsung mengamankan kawasan terbatas di sekitar Istana Negara dan Monas guna mengantisipasi reuni 212 pada Kamis 2 Desember, hari ini.

"Hari ini saya melihat kondisi pasukan khususnya angkatan darat dalam kesiapan mengantisipasi reuni 212. Saya hanya melihat kondisi dilapangan dan mendukung tugas Mabes TNI," katanya kepada wartawan di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis 2 Desember.

Jenderal TNI Dudung mengatakan, pasukan prajurit TNI dan Polri yang melakukan pengamanan sudah siap mengantisipasi reuni 212.

"Mudah - mudahan kami berharap bahwa saudara - saudara kita juga tidak melakukan aksi. Karena izinnya juga tidak ada," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, petugas gabungan membubarkan puluhan massa aksi reuni 212 yang berkerumun di penyekatan Jalan Kebon Sirih dan Jalan H. Agus Salim, Jakarta Pusat. Massa memaksa masuk namun dihalau petugas yang sudah standby sejak Rabu 1 Desember, malam.

Direktur Binmas Polda Metro Jaya Kombes Pol Badya Wijaya didampingi Kabag Ops Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Guntur Muhammad Thariq melakukan pembubaran tersebut karena dinilai memicu kerumunan.

"Bapak ibu semua yang kami hormati, kami mohon bapak ibu sekalian tidak berkumpul di sini. Kembali ke rumah masing-masing, monggo. Sekali lagi bapak-bapak, ibu-ibu, untuk tidak berkumpul. Oke foto-foto dulu," kata Kombes Pol. Badya di Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Kamis 2 Desember.

Massa memilih berkumpul di kawasan barikade tersebut karena Bundaran Patung Kuda dan Monas ditutup atau steril dari kendaraan dan kerumunan massa.