Sengketa Paten Vaksin COVID-19 dengan Moderna NIH AS Tegaskan Ilmuwannya Bantu Rancang Urutan Genetik
Ilustrasi vaksin Moderna. (Wikimedia Commons/Airman 1st Class Anna Nolte ft. Zacharie Grossen)

Bagikan:

JAKARTA - Ilmuwan Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat (NIH) memainkan 'peran utama' dalam mengembangkan vaksin COVID-19 Moderna, dengan agensi tersebut bermaksud untuk mempertahankan klaimnya sebagai salah satu pemilik paten, Direktur NIH Dr. Francis Collins mengatakan kepada Reuters pada Rabu.

Dalam sebuah cerita yang pertama kali dilaporkan oleh New York Times pada Hari Selasa, Moderna mengecualikan tiga ilmuwan NIH sebagai salah satu penemu paten sentral untuk vaksin COVID-19 perusahaan bernilai miliaran dolar dalam aplikasinya yang diajukan pada Bulan Juli.

"Saya pikir Moderna telah membuat kesalahan serius di sini dengan tidak memberikan jenis kredit co-inventorship kepada orang-orang yang memainkan peran utama dalam pengembangan vaksin yang sekarang mereka hasilkan cukup banyak," kata Collins, dalam sebuah wawancara menjelang konferensi Reuters Total Health, yang akan berlangsung secara virtual dari 15-18 November, seperti dikutip 11 November.

Moderna mengharapkan penjualan tahun 2021 sebesar 15 miliar dolar AS hingga 18 miliar dolar AS dari vaksin COVID-19, produk komersial pertama dan satu-satunya dan hingga 22 miliar dolar AS tahun depan.

Dalam sebuah pernyataan yang diemail ke Reuters, Moderna mengakui para ilmuwan di Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular (NIAID) NIH memainkan "peran penting" dalam mengembangkan vaksin mRNA Moderna, tetapi perusahaan mengatakan tidak setuju dengan klaim paten agensi.

Collins mengatakan, NIH telah berusaha untuk menyelesaikan konflik paten dengan Moderna secara damai untuk beberapa waktu dan telah gagal.

"Tapi kami belum selesai. Jelas ini adalah sesuatu yang harus dicari oleh otoritas hukum," tukasnya.

NIH telah menegaskan, tiga ilmuwannya, Dr. John Mascola, Dr. Barney Graham dan Dr. Kizzmekia Corbett, membantu merancang urutan genetik yang digunakan dalam vaksin COVID-19 Moderna dan harus disebutkan namanya pada aplikasi paten. Graham telah pensiun dan Corbett sekarang bekerja di Harvard.

"Bukan ide yang baik untuk mengajukan paten ketika Anda meninggalkan penemu penting, dan jadi ini akan diurutkan karena orang-orang melihat lebih keras pada ini," jelas Collins kepada Reuters.

"Saya tidak berharap itu menjadi hasil dari apa yang merupakan upaya kolaboratif yang sangat ramah antara para ilmuwan di NIH dan Moderna selama bertahun-tahun."

Dalam pernyataannya, Moderna mengatakan, "Kami tidak setuju bahwa para ilmuwan NIAID menciptakan klaim atas urutan mRNA-1273 itu sendiri. Hanya ilmuwan Moderna yang datang dengan urutan mRNA yang digunakan dalam vaksin kami."

Moderna mengatakan, perusahaan telah mengakui ilmuwan NIH dalam aplikasi paten lainnya, seperti yang terkait dengan dosis. Tetapi untuk paten inti, Moderna hanya diharuskan mendaftarkan ilmuwan Moderna sebagai penemu urutan di bawah aturan ketat Undang-Undang paten Amerika Serikat, terangnya.

"Kami berterima kasih atas kolaborasi kami dengan para ilmuwan NIH, menghargai kontribusi mereka, dan tetap fokus bekerja sama untuk membantu pasien," tambah perusahaan itu.

Terkait