Siap-Siap Nabung, Tahun 2027 Bakal Ada Hotel Mewah yang Dibuka di Luar Angkasa

JAKARTA - Bosan berlibur dan menginap di hotel dengan pemandangan laut atau gunung? Jika iya, mulailah menabung karena jika tidak ada aral melintang, Anda bisa bisa merasakan sensai berlibur dan menginap di hotel yang belum pernah ada sebelumnya.

Bukan di bumi, melainkan di luar angka. Ya, jika semua rencanaberjalan lancar, hotel luar angkasa pertama dijadwalkan akan dibuka pada tahun 2027 atau hanya enam tahun mendatang.

Ide ini berawal dari perusahaan asal California, Gateway Foundation yang meluncurkan konsep hotel bergaya kapal pesiar yang bisa melayan di atas atmosfer bumi pada tahun 2019 lalu. 

Terdiri dri 24 modul yang dihubungkan dengan poros elevator yang membentuk roda berputar, hotel ini akan mengorbit di atas bumi. Ide ini kemudian dimatangkan lebih lanjut.

Pembangunannya dilakukan oleh Orbiyal Assembly Cooperation, perusahan konstruksi yang dijalankan mantan pilot sekligus kepala Gateway Foundation, John Blincow. Proyek ini pun memiliki nama resmi Stasiun Voyager. 

Interior hotel. (Tangkapan layar YouTube The Gateway Foundation)

Dalam wawacara dengan CNN, Blincow menyebut pandemi COVID-19 membuat sejumlah penundaan. Namun, ia berharap pembangunan dapat dimulai di tahun 2026 dan bisa terealisasi pada tahun 2027.

"Kami mencoba membuat publik menyadari bahwa zaman keemasan perjalanan luar angkasa ini akan segera tiba. Ia akan datang. Ia datang dengan cepat," kata Blincow.

Tampilan hotel mungkin menunjukkan kesan interior yang tidak berbeda dengan hotel mewah yang terikat di Bumi, hanya dengan beberapa pemandangan luar biasa yang cukup spesifik.

Tim Alatorre, arsitek desain hotel ini menyebut, Ia dan timnya ingin membawa sepotong bumi ke luar angkasa, melalui suite yang hangat serta bar dan restoran yang apik. Para tamu mungkin berada di luar angkasa, tetapi mereka masih dapat menikmati tempat tidur dan kamar mandi biasa.

Itu tidak berarti bahwa hotel akan mengabaikan kebaruan berada di luar angkasa sama sekali. Ada rencana untuk menyajikan makanan luar angkasa tradisional, seperti es krim kering beku di restoran hotel.

Ditambah akan ada kegiatan rekreasi yang ditawarkan, dengan daya jual melakukan sesuatu yang tidak bisa Anda lakukan di bumi. 

Hotel luar angkasa akan dibuka pada 2027.  (Orbital Assembly Corporation)

"Karena bobotnya yang ringan dan gravitasi yang berkurang, Anda akan bisa melompat lebih tinggi, bisa mengangkat benda, bisa berlari dengan cara yang tidak bisa Anda lakukan di Bumi," sebut Alatorre

Wisata luar angkasa menjadi topik yang semakin hangat, dan ada beberapa perusahaan yang mencoba mewujudkannya, dari Virgin Galactic hingga SpaceX Elon Musk. Sistem StarShip SpaceX dapat membantu meluncurkan Voyager Station.

"Kami tidak dapat menyebut SpaceX sebagai mitra kami, tetapi di masa depan kami berharap dapat bekerja sama dengan mereka," kata Blincow dalam acara langsung belum lama ini. 

Untuk saat ini, hotel luar angkasa tidak mengiklankan tarif kamar, tetapi mengharapkannya datang dengan label harga yang lumayan tinggi. Virgin Galactic, misalnya, berencana meluncurkan penumpang ke ruang sub-orbital dengan harga 250.000 dolar AS per orang, per perjalanan.

Namun, tim di belakang Voyager Station berharap pada akhirnya menginap di hotel itu samadengan perjalanan dengan kapal pesiar atau perjalanan ke Disneyland.

"Tujuan akhirnya, untuk menciptakan budaya kapal luar angkasa di mana orang pergi ke luar angkasa, dan tinggal di luar angkasa, dan bekerja di luar angkasa dan mereka ingin berada di luar angkasa. Dan kami percaya bahwa ada permintaan untuk itu," sebut Alatorre tahun 2019 lalu.