Tahun Ini Korea Selatan Siap Luncurkan Pesawat Luar Angkasa ke Bulan
Korea Selatan bakal luncurkan misi penjelajah Bulan dengan menggunakan roket SpaceX (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Sejumlah negara maju sedang berlomba-lomba meluncurkan pesawat luar angkasa untuk menjelajahi Bulan. Yang terbaru, Korea Selatan (Korsel) berencana meluncurkan ekspedisi luar angkasa pertamanya pada musim panas ini.

Korsel menjadi negara ke-7 di dunia yang akan melakukan penjelajahan Bulan dengan menggunakan Korea Pathfinder Lunar Orbiter (KPLO). Pesawat ruang angkasa ini akan diluncurkan pada Agustus 2022 ini dan akan mencapai orbit bulan yang ditargetkan pada 16 Desember, menurut laporan dari SputnikNews.

Rencananya KPLO bakal dibawa oleh roket Falcon 9 dari perusahaan SpaceX milik Elon Musk di Florida. Ini adalah langkah bersejarah bagi eksplorasi luar angkasa Korea Selatan dalam 30 tahun sejak peluncuran satelit Korea pertama, Wooribyul-1, pada tahun 1992.

Pengorbit bulan akan melakukan berbagai misi ilmiah dan pengamatan bulan untuk jangka waktu hanya satu tahun, dan juga akan mengirimkan lagu grup super K-pop BTS “Dynamite” ke Bumi.

Selain itu, pengorbit akan membawa kamera NASA dan peralatan komunikasi yang dikembangkan oleh Korea Selatan, yang akan mendorong status internasional negara itu di panggung ruang angkasa untuk ditingkatkan karena sekarang sejajar dengan penjelajah bulan seperti Rusia, Amerika Serikat, Cina, Jepang, Uni Eropa, dan India.