Untuk Kesekian Kalinya, Korut Kembali Lepaskan Rudal Balistik ke Perairan Timur
Foto via KNCA

Bagikan:

JAKARTA - Korea Selatan mendapat informasi, Korea Utara telah menembakkan rudal balistik ke perairan timurnya. Namun lokasi dan jenis rudalnya masih misteri.

Informasi ini dibagikan Kepala Staf Gabungan Korea Selatan yang bilang, peluncuran dilakukan pada Jumat 23 Desember.

Namun dia belum dapat membagikan detail jenis senjata apa yang ditembakkan Korea Utara dan seberapa jauh jarak terbangnya, seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat 23 Desember.

Peluncuran itu tiga hari setelah AS menerbangkan pembom berkemampuan nuklir dan jet siluman canggih di dekat Semenanjung Korea untuk pelatihan bersama dengan pesawat tempur Korea Selatan.

Korea Utara biasanya memandang latihan militer semacam itu oleh AS dan Korea Selatan sebagai latihan invasi.

Ini terjadi setelah satu tahun uji coba senjata yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh Korea Utara, termasuk peluncuran rudal balistik antarbenua tercanggih bulan sebelumnya.

Saudara perempuan pemimpin Kim Jong Un yang kuat juga bersikeras awal pekan ini bahwa Korut telah mengembangkan teknologi canggih untuk mengambil gambar dari luar angkasa menggunakan satelit mata-mata.

Amerika Serikat dan Korea Selatan telah memperingatkan selama berbulan-bulan bahwa Pyongyang sedang bersiap untuk melakukan uji coba nuklir ketujuh.