NASA Tunda Latihan Gaun Basah, Roket ke Bulan Terus Alami Masalah
NASA kembali menunda uji coba untuk misi Artemis I ke Bulan. (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - NASA kembali menunda uji coba untuk misi Artemis I ke Bulan, yang kali ini melibatkan latihan gaun basah (wet dress)  pada roket akhir pekan lalu.

NASA telah merencanakan untuk memulai latihan yang dijuluki gaun basah, yakni latihan pengisian bahan bakar roket dan kegiatan pra-peluncuran Artemis I penting lainnya pada 9 April lalu di Pad 39B Kennedy Space Center (KSC) di Florida, Amerika Serikat (AS).

Namun, tim misi memutuskan untuk memodifikasi prosedur pengujian setelah melihat masalah dengan katup periksa helium, yang mencegah gas keluar dari roket Space Launch System (SLS) Artemis I yang besar.

Helium digunakan untuk membersihkan saluran mesin sebelum memuat dan mengeringkan propelan. Latihan gaun basah yang dimodifikasi ini hanya akan fokus pada tanking tahap inti, SLS, dan operasi propelan minimal pada tahap propulsi kriogenik interim (ICPS) dengan sistem darat di Kennedy. ICPS adalah tahap atas dari SLS dua tahap.

"Karena perubahan dalam prosedur pemuatan yang diperlukan untuk pengujian yang dimodifikasi, pengujian latihan gaun basah dijadwalkan untuk dilanjutkan dengan panggilan ke stasiun pada Selasa, 12 April dan tanking pada Kamis, 14 April," ujar NASA yang dikutip dari Space, Senin, 11 April.

Jika uji coba akan berhasil pada minggu ini, NASA akhirnya dapat bergerak maju dengan Artemis I. Misi tersebut akan mengirim kapsul Orion tak berawak dalam penerbangan mengelilingi Bulan yang dirancang untuk mempelajari bagaimana perjalanan akan memengaruhi astronot manusia.

Meski begitu, NASA belum membocorkan tanggal untuk misi sampai menyelesaikan latihan gaun basah, tetapi bisa lepas landas pada awal Juni ini.

Sebagai informasi, ini bukan kali pertama gladi bersih Artemis I mengalamo penundaan. Sebelumnya, tes yang berlangsung pada 1 April, dan tim misi berharap untuk menyelesaikannya sekitar 48 jam kemudian, pada 3 April mengalami eberapa masalah muncul, termasuk kesalahan dengan sistem kipas di menara peluncuran seluler besar SLS dan tekanan yang macet, menghilangkan katup ventilasi pada struktur.

Akhirnya uji coba tersebut ditunda menunda, kemudian mundur dari jadwal karena tim Artemis I sedang mengakomodasi peluncuran misi Ax-1 Axiom Space ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).