NASA Kembalikan Roket Bulan SLS ke Tempat Perakitan, Ada Apa?
NASA belum menetapkan tanggal untuk penerbangan roket SLS (foto:Dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - Sistem Peluncuran Luar Angkasa (SLS) milik NASA dikabarkan akan segera dikembalikan ke Gedung Perakitan Kendaraan (VAB) untuk menjalani berbagai perbaikan, dari yang sebelumnya berada di landasan Launch Complex 39B.

Menurut NASA, hal ini dilakukan karena adanya peningkatan yang diperlukan di pemasok gas nitrogen di luar lokasi yang digunakan untuk pengujian tersebut. Masalah dengan pasokan gas nitrogen, yang digunakan untuk mendukung aktivitas di pad, telah menunda dua latihan hitung mundur sebelumnya.

NASA tidak menyatakan kapan kendaraan itu akan kembali ke landasan. Badan tersebut menambahkan akan menggunakan waktu di VAB untuk memperbaiki katup periksa helium yang rusak di tingkat atas SLS dan kebocoran hidrogen yang terdeteksi setelah mulai memuat hidrogen cair ke tahap inti roket selama uji coba pada 14 April lalu.

Sejak 1 April, NASA telah mencoba tiga kali untuk menyelesaikan latihan gaun basah dari misi ke Bulan, Artemis 1. Tes ini dirancang untuk mereplikasi prosedur hitung mundur yang akan dijalani SLS ketika misi direncanakan akan berlangsung akhir tahun ini.

Pada 14 April lalu, NASA berupaya menyelesaikan versi modifikasi, tetapi uji coba itu dihentikan setelah menemukan kebocoran hidrogen yang disebutkan di atas di menara peluncuran seluler roket. Awalnya, NASA membiarkan pintu terbuka untuk uji coba lain yang dijadwalkan pada 21 April tetapi kemudian berubah pikiran.

Maka dari itu, manajer misi Artemis, Mike Sarafin menyarankan untuk mengembalikan SLS ke VAB adalah sebuah pilihan terbaik.

“Ada beberapa opsi yang lebih invasif yang memerlukan masuk lebih jauh ke perangkat keras dan berpotensi harus masuk ke beberapa pemecahan masalah yang diperpanjang. Pekerjaan itu mungkin paling baik dilakukan di VAB," ujar Sarafin seperti dikutip dari SpaceNews, Senin, 14 April.

Sarafin menyatakan para insinyur juga harus mempertimbangkan masalah lingkungan karena menempatkan kendaraan di landasan untuk waktu yang lama, seperti tekanan angin pada kendaraan yang menjulang tinggi.

“Semakin lama kita berada di pad, semakin kita membebani kendaraan. Setiap kali angin bertiup melawannya, itu menciptakan momen lentur dan, seiring waktu, itu bertambah," sambungnya.

Meski begitu, penundaan ini mungkin memiliki efek pada timeline untuk misi Artemis 1. NASA belum menetapkan tanggal untuk penerbangan, dan tidak akan melakukannya sampai gladi bersih SLS selesai.

Terlepas dari semua masalah yang dihadapi NASA dengan roket generasi berikutnya, mereka tetap yakin misi itu akan meluncur.

"Tidak ada keraguan dalam pikiran saya bahwa kami akan menyelesaikan kampanye uji coba ini, dan kami akan mendengarkan perangkat kerasnya, dan data akan membawa kami ke langkah selanjutnya," kata direktur peluncuran Artemis Charlie Blackwell-Thompson.

"Dan kami akan mengambil langkah yang tepat, dan kami akan meluncurkan kendaraan ini," imbuhnya.