NASA Rilis Tanggal Pasti Misi Jelajah Bulan Artemis I yang Siap Meluncur
NASA baru saja merilis daftar tanggal peluncuran misi ke Bulan yang dijuluki Artemis I. (foto; dok. nasa)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) baru saja merilis daftar tanggal peluncuran misi ke Bulan yang dijuluki Artemis I. Rencananya, akan dimulai pada 26 Juli tahun ini hingga Juni 2023.

Menurut keterangan resmi NASA, misi Artemis I akan menjadi debut roket raksasa Space Launch System (SLS) dan penerbangan orbit kedua dari pesawat ruang angkasa Orion.

Misi ini akan dimulai dengan misi demonstrasi tanpa awak, yang bisa saja berlangsung selang 26 hingga 42 hari saat Orion terbang ke orbit retrograde yang jauh di sekitar Bulan. Tetapi, misi ini bisa saja gagal maupun mengalami kendala yang tak terduga, termasuk mekanika orbitalnya.

"Lintasan yang dihasilkan untuk hari tertentu harus memastikan Orion tidak dalam kegelapan selama lebih dari 90 menit setiap kali sehingga sayap susunan surya dapat menerima dan mengubah sinar matahari menjadi listrik dan pesawat ruang angkasa dapat mempertahankan suhu jangkauan yang optimal. Perencana misi menghilangkan tanggal peluncuran potensial yang akan mengirim Orion ke gerhana yang diperpanjang selama penerbangan," ujar NASA.

Peluncuran ini juga dapat mengalami sedikit perubahan saat perencanaan misi disempurnakan. Termasuk tanggal yang telah ditetapkan pada 2023.

"Rentang tanggal tidak dimaksudkan untuk menyampaikan apa pun tentang kemungkinan peluncuran pada 2022 atau 2023," ungkap juru bicara NASA, Kathryn Hambleton.

"Semua tanggal peluncuran lebih dari sekitar dua bulan adalah awal. Ini adalah standar bagi tim untuk memiliki pandangan awal beberapa bulan ke depan. Kami akan menetapkan target yang lebih spesifik setelah kami menyelesaikan pengujian gladi bersih baju basah," imbuhnya.

Melansir ArsTechnica, Rabu, 18 Mei, jika semuanya berjalan lancar dengan persiapan akhir sebelum misi Artemis I, tampaknya NASA bisa meluncurkan roket SLS pada akhir Agustus. Rencana itu dikonfirmasi oleh administrator NASA Bill Nelson, "Kami akan meluncurkannya pada bulan Agustus," katanya.

Namun, peluncuran Agustus masih spekulatif, dan yang lebih memungkinkan pada September atau akhir tahun ini, mengingat banyak pekerjaan yang masih harus diselesaikan NASA.

Meski begitu, kepala eksplorasi manusia NASA, Jim Free, mengatakan badan antariksa itu ingin memindahkan roket SLS dan pesawat ruang angkasa Orion ke landasan peluncuran pada akhir Mei dan akan menargetkan awal atau pertengahan Juni untuk tes gladi bersih baju basah.

Selama pengujian ini, roket akan diisi bahan bakar penuh dan dibawa ke dalam 10 detik setelah penyalaan mesin untuk menyelesaikan pra-peluncuran kendaraan dan sistem ground-nya.

NASA telah mencoba menyelesaikan latihan baju basah ini tiga kali musim semi ini. Akhirnya, para insinyur memutuskan untuk menggulingkan kendaraan itu kembali ke hanggar di Kennedy Space Center untuk modifikasi dan perbaikan setelah upaya ketiga gagal.

Sejauh ini, selama tiga tes tersebut, NASA telah berhasil memuat sekitar setengah dari oksigen cair roket dan hanya sebagian kecil dari hidrogen cair.

Laporan terbaru menyatakan, NASA dan kontraktornya terus bekerja pada sejumlah masalah yang dihadapi selama tiga upaya sebelumnya, terutama kebocoran pada jalur pembersihan yang mengarah ke tahap atas roket, yang dikenal sebagai Tahap Propulsi Kriogenik Interim. Modifikasi desain mungkin diperlukan.

Karena berbagai pekerjaan sedang berlangsung, tampaknya roket besar tidak lagi akan diluncurkan dari Gedung Perakitan Kendaraan bulan ini, yang mungkin akan mendorong dimulainya upaya pakaian basah berikutnya paling cepat akhir Juni.

Setelah kesimpulan yang berhasil dari uji coba ini, roket masih perlu digulirkan kembali ke gedung perakitan untuk mempersenjatai sistem penghentian penerbangan, sebelum akhirnya didorong kembali ke lokasi peluncuran untuk lepas landas.