Misi Pendaratan Bulan Artemis Ditunda Hingga Tahun 2026
Empat astronaut untuk misi Artemis II (foto: dok. NASA)

Bagikan:

 

JAKARTA – Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan bahwa tiga misi Artemis akan diundur, termasuk misi inti untuk mendaratkan astronaut di permukaan bulan.

Para pejabat NASA memutuskan untuk menyesuaikan jadwal Artemis II dan Artemis III dengan pengembangan, operasi, dan integrasi pesawat untuk dua misi tersebut. Atas keputusan ini, jadwal peluncuran Artemis II dan Artemis III harus diundur.

Artemis II, misi untuk menguji pesawat Orion dan roket Space Launch System (SLS), awalnya direncanakan meluncur pada November tahun ini. Namun, berdasarkan ketetapan terbaru, misi ini akan diundur hingga September 2025.

Selanjutnya, misi Artemis III yang akan mendaratkan empat astronaut di permukaan Bulan akan diundur hingga September 2026. Melanjuti misi tersebut, misi ke stasiun luar angkasa bulan Gateaway melalui Artemis IV akan diundur hingga tahun 2028.

Administrator NASA, Bill Nelson, mengatakan bahwa kemunduran jadwal ini sengaja dilakukan untuk menjaga keselamatan para astronaut. Meskipun misi pendaratan di bulan sangat penting bagi NASA, keselamatan astronaut tetap menjadi prioritas.

“Kami telah belajar banyak sejak Artemis I, dan keberhasilan misi awal ini bergantung pada kemitraan komersial dan internasional kami untuk memperluas jangkauan dan pemahaman kami tentang tempat umat manusia di tata surya kita,” kata Nelson dalam keterangan resmi.

NASA mengingatkan kembali bahwa mereka sempat mengalami hal yang tidak diinginkan saat menjalani misi Artemis I. Tahun lalu, tim Artemis menemukan potongan lapisan arang yang hilang dari bagian pelindung pesawat.

Investigasi untuk masalah tersebut masih dilakukan. Sembari menunggu hasil investigasi, NASA terus menguji komponen sirkuit di bagian ventilasi udara dan kontrol suhu. Selain itu, mereka juga sedang mengatasi masalah pada baterai pesawat.