Sebelum Menjelajah Bulan, Astronot NASA Bakal Menjajal Kendaraan Futuristik Berbentuk Pod Ini
Kendaraan listrik besutan Canoo Technologies Inc itu disediakan untuk membawa para astronot dari Kennedy Space Center (foto : Dok. Canoo Technologies)

Bagikan:

JAKARTA - Sebelum menjelajah Bulan, astronot Artemis II NASA akan merasakan lebih dahulu menumpangi kendaraan transportasi baru yang sangat futuristrik, Canoo EV.

Kendaraan listrik besutan Canoo Technologies Inc itu disediakan untuk membawa para astronot dari Kennedy Space Center di Florida ke Launch Pad 39B untuk perjalanan bersejarah mereka menuju Bulan, di atas roket Space Launch System (SLS) dan pesawat ruang angkasa Orion.

Melansir laman resmi NASA, Kamis, 14 April, Canoo EV akan terdiri dari tiga kendaraan yang dirancang untuk membawa astronot, tim pendukung dan peralatan mereka di bentangan jalan sembilan mil dari Neil Armstrong Operations dan Gedung Checkout ke landasan peluncuran.

Transportasi baru itu sepenuhnya berbasis tenaga listrik, disesuaikan untuk kebutuhan unik NASA. Kendaraan futuristik dengan eksterior berbentuk pod akan menjadi solusi ramah lingkungan, menggunakan teknologi nol-emisi untuk penjelajah generasi berikutnya.

Canoo EV ini menggantikan armada Astrovan agensi, kendaraan Airstream 1983 berwarna perak berkilau yang membawa kru pesawat ulang-alik ke landasan peluncuran.

Selain mengantarkan astronot, Canoo EV juga akan digunakan untuk mendukung operasi pra-peluncuran lainnya serta pelatihan dan uji coba hitung mundur peluncuran. Perusahaan akan mengirimkan armada ke pelabuhan antariksa paling lambat Juni 2023 untuk mendukung operasi ini.

Sebagai informasi, misi Artemis akan mendaratkan wanita pertama dan orang kulit berwarna pertama di Bulan, menggunakan teknologi inovatif untuk menjelajahi lebih banyak permukaan bulan daripada sebelumnya.

Dalam misi tersebut, mereka akan menggunakan apa yang dipelajari di dan di sekitar Bulan. Adanya misi ini, nantinya akan membuat NASA mengambil lompatan raksasa berikutnya dengan mengirim astronot pertama ke Mars.

Terkait