Hotel Pertama di Luar Angkasa Siap Dibangun pada 2025
Hotel luar angkasa akan dibuka pada 2027 (dok. Orbital Assembly Corporation)

Bagikan:

JAKARTA - Banyak hotel menyuguhkan pemandangan alam seperti gunung, sungai, atau pantai yang ada di Bumi. Tapi hotel yang satu ini justru menawarkan sensasi penginapan di luar angkasa layaknya para astronaut.

Adalah perusahaan bernama Orbital Assembly Corporation (OAC) yang mengembangkan konstruksi hotel luar angkasa. Rencana ini akan dimulai pada 2025, hotel tersebut akan ditempatkan di orbit rendah Bumi.

Sebenarnya hotel tersebut merupakan Stasiun Luar Angkasa Voyager Class yang akan dibuka untuk publik pada 2027 mendatang. OAC mengungkapkan bahwa hotel luar angkasanya itu akan dapat digunakan untuk keperluan riset dari badan antariksa maupun para turis yang ingin menikmati pengalaman baru.

“Stasiun ini akan dirancang untuk mengakomodasi badan luar angkasa national yang melakukan penelitian di gravitasi rendah dan wisatawan luar angkasa yang ingin mendapatkan pengalaman hidup dalam stasiun luar angkasa besar dengan kenyamanan dari gravitasi rendah dan nuansa hotel yang baik,” ujar pihak OAC.

Hotel tersebut bisa menampung sebanyak 400 pengunjung. Untuk fasilitas yang dihadirkan pun tidak jauh beda dengan yang ada di Bumi, seperti restoran dan gym sebagaimana yang dilansir dari The Independent, Rabu, 13, Maret.

Bentuk hotelnya pun tampak seperti cincin raksasa. Pada bagian dalamnya terdapat fungsi untuk docking hub. Sedangkan bagian luar ada panel matahari, tempat menginap, sistem transportasi dan radiator.

Di bagian luar pun ada pods yang dapat berfungsi sebagai keperluan beragam seperti riset, pelatihan dan sebagainya untuk akomodasi para wisatawan dan fasilitas penginapan. Untuk menghasilkan gravitasi di bagian dalam, hotel akan bergerak memutar.

Namun, sampai saat ini belum diketahui berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh wisatawan yang ingin menginap di hotel canggih itu.

Tidak cuma fasilitas hotel saja, tempat ini juga menghadirkan tempat liburan yang menarik berbentuk kapal pesiar yang sudah dilengkapi dengan robot bartender bernama Rob. Robot itu akan menjadi salah satu crew MSC Virtuosa. Wisatawan juga bisa memesan berbagai jenis minuman kepada Rob.