Lebih dari 40 Mata uang Digital Tengah Menunggu  Persetujuan Komisi Bursa Saham di AS
Mata uang digital semakin marak di bursa saham AS. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA-  Manajer dana tampaknya berebut untuk mencocokkan permintaan dari investor karena cryptocurrency utama seperti Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH) tertatih-tatih di sekitar level rekor harga.

Menurut tangkapan layar Terminal Bloomberg yang diambil oleh analis Bloomberg Intelligence, James Seyffart, lebih dari 40 dana yang diperdagangkan di bursa cryptocurrency, atau ETF, sekarang menunggu listing di Amerika Serikat.

Sumber tersebut menunjukkan bahwa empat telah disetujui oleh Securities Exchange Commission, yang paling terkenal adalah ETF Bitcoin Ark 21Shares, yang dibuat dalam upaya bersama oleh 21 Saham dan ARK Invest.

Aplikasi dana terbaru datang dari AXS Investments pada 27 Oktober. Mereka adalah AXS Bitcoin Strategy ETF dan AXS Short Bitcoin Strategy ETF. Sebagian besar dana yang tertunda dalam daftar, berusaha untuk membeli BTC secara langsung, atau berjangka dan turunannya.

Beberapa dana beroperasi dengan strategi campuran, namun hanya menempatkan sebagian dari aset mereka di BTC sementara menyebarkan sisanya di ekuitas berbasis AS atau saham blockchain. Namun, ada juga tiga dana yang berfokus pada pencocokan kinerja ETH. Mereka adalah VanEck Ethereum Trust, Wisdomtree Ethereum Trust, dan Kryptcoin Ethereum Trust. Ketiganya diajukan awal tahun ini dan saat ini sedang menunggu persetujuan.

Butuh delapan tahun bagi SEC untuk mengesahkan produk keuangan semacam itu di AS, dan mereka telah mendapatkan popularitas yang signifikan di kalangan investor. Awal bulan ini, ETF Strategi Bitcoin Proshares menjadi ETF kripto pertama yang terdaftar di negara tersebut. Pada saat publikasi, total aset dana yang dikelola telah melampaui 2 miliar dolar AS.