Persetujuan ETF Bitcoin Makin Dekat, Ini Jadwalnya!
Jadwal persetujuan ETF Bitcoin. (Foto; Dok. Livecoins)

Bagikan:

JAKARTA - Penggemar Bitcoin mungkin tidak perlu menunggu lama lagi untuk melihat produk investasi berbasis kripto yang ditawarkan di bursa saham Amerika Serikat. Menurut analis ETF Bloomberg, peluang untuk mendapatkan persetujuan ETF Bitcoin dari SEC Amerika Serikat semakin besar dan bisa terjadi pada awal tahun depan.

ETF atau Exchange-Traded Fund adalah produk investasi yang melacak kinerja aset tertentu, seperti saham, obligasi, komoditas, atau mata uang kripto. ETF Bitcoin adalah produk yang melacak harga Bitcoin dan memungkinkan investor untuk membeli dan menjual Bitcoin tanpa harus memiliki kripto tersebut secara langsung.

Saat ini, sekitar 12 proposal pengajuan ETF Bitcoin sedang ditinjau oleh regulator, Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC). Sejumlah proposal tersebut berasal dari perusahaan-perusahaan raksasa seperti Grayscale, Fidelity, VanEck, dan ARK Invest. Namun, SEC selalu menunda keputusannya tentang proposal tersebut dengan alasan perlunya lebih banyak waktu untuk mempelajari risiko dan tantangan yang terkait dengan produk-produk tersebut.

Menurut James Seyffart dan Eric Balchunas, analis ETF Bloomberg yang terkenal, ada kemungkinan besar bahwa SEC akan menyetujui sebagian atau seluruh aplikasi ETF Bitcoin pada 10 Januari 2024. Mereka berdua menulis laporan berjudul "Peluang Persetujuan ETF Bitcoin" yang memperkirakan peluang persetujuan ETF Bitcoin mencapai 90%.

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa ada jendela persetujuan singkat yang dibuka oleh SEC mulai dari 9 November hingga 17 November 2023, di mana SEC bisa saja menyetujui semua 12 aplikasi ETF Bitcoin sekaligus. Hal ini didasarkan pada perhitungan tanggal batas akhir yang harus dipatuhi oleh SEC untuk membuat keputusan tentang aplikasi-aplikasi tersebut.

Salah satu faktor yang mempengaruhi jendela persetujuan tersebut adalah kemenangan pengadilan yang diraih oleh Grayscale, salah satu perusahaan yang mengajukan ETF Bitcoin. Grayscale berhasil mendapatkan persetujuan dari pengadilan federal untuk mengubah produk investasi Bitcoin yang sudah ada, yaitu GBTC, menjadi ETF Bitcoin. Hal ini membuat GBTC menjadi salah satu kandidat terkuat untuk mendapatkan persetujuan ETF Bitcoin dari SEC.

Selain itu, Balchunas juga menunjukkan bahwa ada proses penting lainnya yang harus dilalui oleh pemohon ETF Bitcoin sebelum mendapatkan persetujuan SEC, yaitu pengajuan 19b-4. Pengajuan ini adalah permintaan kepada SEC untuk mengubah peraturan bursa saham agar bisa menawarkan produk ETF Bitcoin. Pengajuan ini juga sedang ditinjau oleh SEC dan kemungkinan akan disetujui dalam waktu dekat.

Jika semua proses tersebut berjalan lancar, maka ETF Bitcoin bisa segera diluncurkan di bursa saham Amerika Serikat. Ini akan memberikan akses yang lebih mudah dan aman bagi investor untuk berinvestasi di Bitcoin. Hal ini tentu saja akan berdampak positif bagi perkembangan industri kripto dan harga Bitcoin itu sendiri.

Terkait