Harga Bitcoin Diramal Tembus Rp893 Jutaan Jika ETF Bitcoin Disetujui
Harga Bitcoin diprediksi akan terpengaruh ETF Bitcoin jika mendapat persetujuan SEC. (Foto; Dok. Cryptonomist)

Bagikan:

JAKARTA - Banyak orang di seluruh dunia menjelajahi internet untuk memahami implikasi dari persetujuan ETF spot Bitcoin dan bagaimana mereka dapat memaksimalkan manfaatnya.

Gembar-gembor seputar potensi pengenalan Bitcoin (BTC) ke dalam sektor keuangan arus utama melalui Exchange Traded Fund (ETF) telah menarik minat para investor retail.

Menurut data dari Google Trends, terjadi peningkatan signifikan dalam penelusuran yang terkait dengan "spot Bitcoin ETF" selama lima tahun terakhir, dengan volume penelusuran global yang diprediksi mencapai puncaknya pada minggu ini.

Demikian pula, pencarian untuk "Bitcoin ETF" telah mencapai titik tertinggi 39, titik tertinggi sejak dimulainya ETF berbasis futures ProShares dua tahun lalu yang juga mencapai angka 100.

Untuk memberikan gambaran dan pemahaman yang lebih baik tentang minat yang berkembang dalam ETF Bitcoin, perlu disebutkan bahwa Google Trends menyediakan data tanpa filter tentang kueri penelusuran dan memberi peringkat pada skala 0 hingga 100, dengan 100 menandakan minat penelusuran tertinggi untuk istilah tertentu pada waktu tertentu.

Dalam data terbaru, banyak orang di seluruh dunia menjelajahi internet untuk memahami implikasi dari persetujuan ETF spot Bitcoin dan bagaimana mereka dapat memaksimalkan manfaatnya.

Secara historis, nilai 100 sering kali menandai momen-momen penting dalam pasar bullish untuk BTC dan token asli Solana, SOL.

Para analis semakin optimis mengenai kemungkinan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) menyetujui ETF spot pada bulan-bulan awal tahun depan, yang berpotensi meningkatkan likuiditas pasar.

Mengomentari minat baru-baru ini terhadap ETF Bitcoin, FRNT Financial, platform kripto yang berbasis di Kanada, mengatakan bahwa ETF Bitcoin telah menjadi topik yang konsisten di dunia kripto sejak lonjakan aplikasi ETF baru-baru ini. Dinyatakan bahwa:

"Persetujuan ETF BTC spot tetap menjadi topik yang konsisten di ruang kripto dan sering dipandang sebagai indikator utama integrasi Bitcoin ke dalam struktur keuangan arus utama."

Optimisme seputar ETF spot mendapatkan momentum tiga bulan lalu setelah pemain terkemuka di pasar keuangan tradisional, seperti BlackRock dan Grayscale Investments, mengajukan permohonan ke SEC untuk menawarkan produk kepada pelanggan mereka.

Berbeda dengan ETF berbasis futures, ETF spot akan secara langsung mencerminkan harga Bitcoin, yang melibatkan akuisisi dan penyimpanan aset kripto oleh penyedia ETF. Opsi investasi ini dirancang untuk mereka yang mencari eksposur langsung ke Bitcoin tanpa harus mengelola aset digital itu sendiri.

Bersamaan dengan itu, Matrixport, sebuah perusahaan kripto, memperkirakan kenaikan harga Bitcoin yang diklaim berpotensi tembus $42.000 (Rp669 juta) dan $56.000 (Rp893 juta) jika ETF BlackRock mendapat persetujuan dari SEC. Saat penulisan, Bitcoin diperdagangkan di harga Rp487 jutaan per koin berdasarkan data Coingecko pada pukul 15:48 WIB, 23 Oktober 2023.