Gagal Hapus Konten Ilegal, Facebook Hadapi Denda Rp13,9 Miliar di Rusia
Facebook hadapi denda semakin besar jika tak mau bayar (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – - Pengadilan Moskow pada Kamis, 21 Oktober mengatakan telah mengirim petugas pengadilan negara bagian untuk menegakkan pengumpulan 17 juta rubel (Rp3,4 miliar) denda yang dikenakan pada raksasa media sosial AS Facebook karena gagal menghapus konten yang dianggap ilegal oleh Rusia.

Pengadilan Distrik Tagansky Moskow mengeluarkan perintah atas empat denda yang belum dibayar Facebook, kata pengadilan dalam sebuah pernyataan, yang untuk kedua kalinya bulan ini meminta bantuan juru sita untuk menjatuhkan denda ke Facebook.

Pengadilan mengatakan Facebook, yang tidak segera menanggapi permintaan komentar, pada Kamis meminta lebih banyak waktu sebelum putusan diberlakukan, dengan alasan masalah teknis.

Regulator komunikasi negara Roskomnadzor mengatakan denda total sekitar 70 juta rubel (Rp13,9 miliar) telah dikenakan di Facebook tahun ini, tetapi perusahaan belum membayar apa pun, menyoroti tantangan yang dihadapi Moskow dalam menindak raksasa teknologi asing.

Roskomnadzor sekarang berusaha untuk menjatuhkan denda yang jauh lebih besar di Facebook yang akan berjumlah 5-10% dari omset tahunan perusahaan di Rusia karena apa yang dikatakannya merupakan pelanggaran hukum yang berulang.

Pada Selasa lalu, Roskomnadzor mengatakan akan berusaha untuk mendenda Google dengan persentase yang sama dari omset tahunan Rusia untuk pelanggaran konten yang sama.