Rekomendasi Aplikasi Belajar Daring untuk Anak di Rumah
Ilustrasi anak belajar (Image by free stock photos from www.picjumbo.com from Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Pandemi coronavirus atau COVID-19 memang membawa sejumlah perubahan besar bagi kebiasaan masyarakat. Terutama pada anak-anak. Banyak dari mereka yang diharuskan untuk belajar dari rumah karena menghindari terpapar dari virus Corona.

Berbagai hal dilakukan untuk beradaptasi dalam kenormalan baru. Salah satunya dengan mengikuti kelas daring agar para siswa tetap bisa mengikuti proses belajar mengajar. 

Mengutip laman Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud), ada sejumlah aplikasi kelas daring yang bisa diikuti para siswa selama belajar di rumah. Beberapa di antaranya menyajikan materi pembelajaran interaktif dari tingkat Taman Kanak-kanak, hingga jenjang SMA/SLTA dan sederajat.

Berikut sejumlah platform kelas daring yang bisa diakses anak untuk belajar di rumah:

1. Rumah Belajar

Platform Rumah Belajar merupakan situs resmi dari Kemendikbud yang menyediakan sumber atau bahan belajar hingga fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas.

Rumah Belajar ini juga dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru, seperti pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Fitur-fitur yang ada di Rumah Belajar juga cukup mendukung pembelajaran siswa seperti di sekolah antara lain Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Digital, Bank Soal, Buku Sekolah Elektronik, Peta Budaya, Karya Bahasa dan Sastra, serta fitur lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa secara gratis. Platform ini bisa diakses melalui tautan berikut INI.

2. Meja Kita

Situs MejaKita ini menyediakan materi cukup lengkap dalam sistem pembelajaran dari SD hingga tingkat SMA yang dapat diakses secara gratis. Terdapat juga ribuan meteri yang sudah diunggah oleh murid-murid di komunitas pelajar di seluruh Indonesia.

Dilengkapi pula forum diskusi yang mendukung siswa untuk tetap dapat mendiskusikan tugas sekolah, dan berbagi catatan lainnya. Platform ini bisa diakses melalui tautan berikut INI.

3. Kelas Pintar

Portal Kelas Pintar ini dibuat dengan Kurikulum 2013 Revisi Januari 2017 yang didukung dengan konten multimedia yang dibangun oleh para ahli berpengalaman.

Kelas Pintar sendiri memiliki tiga fitur, di antaranya Learn yang berupa penjelasan menyeluruh menggunakan teknologi audio-visual melalui animasi. Kedua ada Pratice, fitur ini berguna untuk mengarahkan penguatan konsep melalui perangkat dan kegiatan yang bersifat interaktif.

Terakhir yakni Test yang merupakan evaluasi komplit atas pembelajaran konsep melalui tes adaptip pilihan ganda. Jika berminat bisa mengkases Kelas Pintar ke situs INI.

4. Icando

Aplikasi ini memiliki program pembelajaran yang serupa dengan Kelas Pintar yang dikembangkan secara komprehensif dengan ratusan minigames yag diklaim bisa meningkatkan motivasi belajar anak-anak pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Tertarik, kalian bisa mengaksesnya melalui situs INI.

5. Ruangguru

Layanan belajar Ruangguru ini berbasis teknologi yang memiliki tentunya layanan serperti kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru.

Aplikasi populer ini sudah tersedia di Google Play Store dan Apple Store, atau dengan mengakses ke tautan berikut INI.

6. Zenius

Zenius memiliki program Belajar Mandiri di Rumah #BisaBareng dengan menyediakan puluhan ribu video materi belajar lengkap untuk jenjang SD hingga SMA untuk kurikulum KTSP, Kurikulum 2013, Kurikulum 2013 Revisi.

Selain itu juga siswa dapat mengakses materi belajar lengkap untuk persiapan UNBK, UTBK, SPMB STAN, SIMAK UI, dan UTUL UGM. Konten-konten yang disediakan pada program ini dapat diakses secara gratis, melalu tautan INI.

7. Quipper School

Portal yang satu ini memang sudah banyak digunakan oleh peserta didik, selain karena pengoperasiannya mudah, juga kerao dijadikan wadah bagi guru dan siswa untuk memberikan materi dan tugas. Para guru juga dapat mengirim dan mengelola materi pembelajaran, ujian serta nilai siswa.

8. SekolahMu

SekolahMu menyediakan live streaming mata pelajaran dengan jenjang yang telah disediakan. SekolahMu menumbuhkan kompetensi pada semua dan setiap anak di berbagi usia.

Situs ini juga menjadi simpul kolaborasi ratusan sekolah dan organisasi yang telah dikurasi untuk berkarya, menyediakan program-program kurikulum yang sesuai kebutuhan. Platform ini bisa diakses melalui tautan berikut INI.