Hari Anak Nasional, Jokowi Ingatkan Anak-Anak Taati Protokol Kesehatan
Presiden dan Ibu Negara menyampaikan pesan melalui sebuah tayangan video pada Peringatan Hari Anak Nasional (Foto: Situs Sekretariat Kabinet)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Widodo menyapa dan mengingatkan anak-anak berdisiplin menjalankan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19 dengan cara menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan sering mencuci tangan.

Kata Jokowi dan Iriana, protokol kesehatan tersebut harus senantiasa dilakukan di tengah masa adaptasi terhadap kebiasaan baru. Tujuannya untuk menghindari penularan dan penyebaran COVID-19.

Selain itu, Presiden Jokowi dan Ibu Negara mengajak anak-anak untuk tetap semangat belajar dari rumah dan berdoa agar pandemi COVID-19 ini segera berakhir. Sehingga, anak-anak Indonesia bisa berkumpul kembali bersama guru dan teman-temannya di sekolah.

"Anak-anak terus belajar ya. Jangan lupa untuk tetap rajin beribadah, berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar pandemi virus corona ini segera berlalu. Agar anak-anak bisa kembali belajar dengan guru di sekolah dan bermain dengan teman-temannya," kata Jokowi dan Iriana melalui sebuah video yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden untuk menyambut Hari Anak Nasional, Kamis, 23 Juli.

Jokowi dan istrinya meminta anak-anak untuk bersabar dalam menghadapi pandemi COVID-19 meski dia tahu anak-anak sudah ingin bermain kembali dengan teman-teman maupun bertemu keluarga yang tinggal di tempat berbeda. 

Agar hal tersebut bisa segera terlaksana, Iriana Widodo kemudian berpesan agar anak-anak tetap menjaga diri di tengah pandemi COVID-19 dengan menerapkan disiplin.

"Disiplin mencuci tangan setelah bermain, setelah belajar, dan setelah berkegiatan. Disiplin memakai masker kalau keluar rumah dan menghindari kerumunan di manapun anak-anak berada," ujar Iriana. 

Lewat video itu, Jokowi juga mengatakan anak-anak Indonesia selalu berkesan baginya dan bagi Ibu Negara.

"Setiap saya dan Ibu Iriana berkunjung ke daerah baik itu ke Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Maluku, Nusa Tenggara, ke manapun di Tanah Air ini ada satu hal yang selalu membuat saya dan Ibu Iriana semangat bekerja, yaitu melihat senyum anak-anak di Indonesia,” ucap keduanya.