Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat tetap menaati protokol kesehatan saat pulang ke kampung halaman ketika cuti bersama. Peringatan ini disampaikan karena pandemi COVID-19 belum berakhir.

"Perlu saya tegaskan bahwa pandemi belum sepenuhnya selesai. Kita semua harus selalu waspada," kata Jokowi dalam keterangan video yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 6 April.

Tak hanya menerapkan protokol kesehatan, Jokowi meminta masyarakat segera melengkapi dosis vaksin COVID-19. Hal ini harus dilakukan demi mewaspadai penyebaran virus saat pulang ke kampung halaman.

Selain itu, masyarakat juga diharuskan tetap menggunakan masker. Apalagi jika sedang berada di tempat umum.

"Bersegeralah melengkapi vaksin booster harus tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin dan harus selalu bermasker saat di tempat umum atau dalam kerumunan," tegasnya.

Sebelumnya, Jokowi telah mengumumkan cuti bersama Idulfitri 1443 Hijriah pada 29 April hingga 4-6 Mei 2022. Sementara untuk libur nasional jatuh pada 2-3 Mei.

Belum ada rincian lebih lanjut perihal cuti bersama ini. Seluruh aturan nantinya akan dibuat oleh para menteri melalui Surat Keputusan Bersama (SKB).