Jokowi Perbolehkan Masyarakat Mudik Lebaran ke Kampung Halaman Asalkan Sudah Vaksin Booster
ILUSTRASI/ TOL CIKAMPEK/DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut ada sejumlah pelonggaran yang akan dilakukan pemerintah setelah perkembangan pandemi COVID-19 di Tanah Air terus mengalami perbaikan. Salah satunya, masyarakat kini diperbolehkan mudik ke kampung halaman untuk menyambut Idulfitri tahun ini.

Ini merupakan kabar yang mungkin sudah ditunggu masyarakat. Apalagi, pada 2020 dan 2021 lalu, pemerintah selalu mengeluarkan larangan mudik demi mencegah terjadinya peningkatan kasus COVID-19.

"Bagi masyarakat yang ingin mudik lebaran juga dipersilakan. Juga diperbolehkan," kata Jokowi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 23 Maret.

Hanya saja, masyarakat tak bisa sembarangan mudik ke kampung halaman. Ada syarat yang harus diikuti, yaitu menerima vaksin COVID-19 lengkap dua dosis ditambah booster.

"Dengan syarat (masyarakat yang mau mudik, red) sudah mendapatkan dua kali vaksin dan sekali booster," tegas presiden.

Selain itu, masyarakat tetap harus menerapkan protokol kesehatan. Langkah tersebut penting demi mencegah terjadinya penularan kasus COVID-19.

Jokowi berharap ke depannya, perkembangan kasus COVID-19 terus membaik dan dapat dijaga. Sehingga, dia juga berpesan agar protokol kesehatan terus diterapkan.

"Semoga tren yang membaik ini dapat kita pertahankan. Saya minta kita semua tetap menjalankan prokes, disiplin menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak," pungkasnya.