Saat Siswa SD Bertanya Pada Jokowi: Kalau Jadi Presiden, <i>Ngapain Aja</i>, Ada Liburnya Pak?
Presiden Joko Widodo (Foto: Tangkap Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mendapat pertanyaan dari seorang siswa kelas 5 SD soal apa saja kerja sebagai presiden. Hal ini diungkapkan saat Jokowi mengikuti kegiatan belajar secara online siswa SD Negeri Sudimara, Cilongkok, Banyumas, Jawa Tengah.

Kegiatan virtual ini dilakukan Jokowi dari Istana Kepresidenan Bogor pada puncak peringatan Hari Anak Nasional 2021.

"Kalau jadi presiden, ngapain aja?" tanya siswa bernama Amanda, seperti yang diunggah pada Youtube Sekretariat Presiden, Jumat, 23 Juli.

Jokowi lalu menjelaskan kegiatan yang ia lakukan. Setiap hari, ia bertugas memimpin rapat bersama para menteri, hingga melakukan peninjauan ke berbagai daerah.

“Ya memimpin rapat dengan menteri-menteri, kemudian pergi ke Aceh sampai ke Papua untuk mengecek jalan, bagus, ndak? Mengecek waduk, mengecek pelabuhan, mengecek airport, begitu,” jawab Jokowi.

Kemudian, seorang siswa lain bertanya lagi, "Pak, kalau jadi Presiden, enggak ada liburnya toh, Pak?"

Pertanyaan ini hanya disambut tawa oleh Jokowi. Setelahnya, mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengingatkan anak-anak Indonesia untuk rajin belajar. Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga mengingatkan pentingnya disiplin menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi saat ini.

“Anak-anakku, anak-anakku semua masa depan Indonesia. Harus semangat belajar, riang gembira, rajin beribadah, jangan lupa berdoa kepada Allah SWT. berdoa untuk memohon perlindungan bagi kita semua, bagi bangsa Indonesia. Selamat Hari Anak Nasional untuk semua anak-anakku di Indonesia. Anak-anak terlindungi, Indonesia Maju,” ujar Presiden mengakhiri dialog bersama anak-anak tersebut.

Untuk diketahui, puncak peringatan Hari Anak Nasional tahun 2021 digelar secara virtual. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, mengatakan tema yang diusung dalam peringatan tahun ini adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

“Tema Hari Anak Nasional 2021 adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dengan tagline #AnakPedulidiMasaPandemi menjadi motivasi bahwa pandemi tidak menyurutkan komitmen untuk tetap melaksanakan Hari Anak Nasional secara virtual, tanpa mengurangi maknanya,” ungkap Menteri PPPA.