<i>Dear</i> Orang Tua di Bandar Lampung, Wali Kota Imbau Anak Dibawakan Bekal Cegah Hepatitis Akut
Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana. (Antara)

Bagikan:

LAMPUNG - Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana mengimbau orang tua murid membekali anak-anaknya makanan agar tidak membeli jajanan di sekolah dalam upaya mengantisipasi penyakit hepatitis akut.

"Saya ingatkan orang tua untuk membekali anak-anak mereka dengan makanan dari rumah supaya bisa menekan penyakit hepatitis misterius ini," kata Eva Dwiana, di Bandar Lampung, Kamis 12 Mei.

Menurutnya, penyakit yang menyerang anak-anak usia 16 tahun ke bawah ini harus diantisipasi sejak dini. Oleh sebab itu protokol kesehatan masih tetap harus diterapkan di sekolah.

"Ini hepatitis misterius menyerang anak 16 tahun ke bawah. Artinya siswa SMP, SD serta PAUD rentan terkena. Ini yang saya takutkan dan rawan sekali, maka kepala sekolah dan guru dapat mengingatkan anak-anak dengan protokol kesehatan," kata dia.

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandar Lampung Desti Mega Putri menambahkan, guna mencegah penularan hepatitis akut yang penyebabnya masih misterius kepada anak-anak ini protokol kesehatan masih harus diterapkan.

"Jadi protokol kesehatan bukan hanya untuk mencegah penularan COVID-19, tapi juga hepatitis misterius yang menyerang anak-anak di bawah usia 16 tahun," tuturnya.

Kemudian, lanjut dia, disarankan kepada orang tua murid juga membekali anak-anaknya dengan makanan dari rumah karena penyakit ini menular, salah satunya dari alat makanan.

"Intinya untuk mencegah segala macam penyakit, termasuk hepatitis akut ini, kita harus terapkan pola hidup sehat dan bersih (PHBS) dan terapkan protokol kesehatan," pungkasnya.