Bagikan:

JAKARTA - Whistleblower Pinterest, Ifeoma Ozoma, membuat situs web dengan sumber daya yang bisa membantu karyawan teknologi berbicara tentang perlakuan diskriminasi yang mereka terima atau merasa teralimi oleh perusahaan teknologi.

Menurut The Washington Post, pada tahun 2020, Ozoma dan mantan pejabat kebijakan Pinterest lainnya, Aerica Shimizu Banks, mentweet dalam sebuah posting viral bahwa "mereka dibayar rendah, menghadapi komentar rasis dari manajer mereka dan menjadi sasaran pembalasan."

Pengungkapan ini menghancurkan reputasi baik platform media sosial di industri teknologi. Hingga kini Sulit untuk mendapatkan kembali citra itu.

Ozoma bukan satu-satunya karyawan teknologi yang mengajukan tuduhan terhadap perusahaan mereka. Penulis artikel Guardian baru-baru ini, Chelsey Glasson, mengajukan gugatan diskriminasi terhadap Google setahun setelah dia mengklaim perusahaan mendiskriminasi dia karena dia hamil dan dia menghadapi pembalasan karenanya.

Pengadilannya ditetapkan pada Januari. Whistleblower profil tinggi terbaru adalah Frances Haugen, yang menentang Facebook karena banyak hal, termasuk perusahaan yang lebih mementingkan keuntungan daripada keselamatan penggunanya.

Seperti yang baru-baru ini dia diskusikan dengan Fast Company, Ozoma meluncurkan Buku Pegangan Pekerja Teknologi, sebuah situs web tempat karyawan teknologi dapat menemukan sumber daya untuk membantu mereka berbicara menentang pelanggaran di perusahaan mereka.

Ozoma mengatakan The Tech Worker Handbook dimulai karena dia menemukan bahwa pekerja teknologi sangat gugup berbicara dengan pers sehingga mereka tidak pernah berbicara dengan seorang reporter setelah berhubungan dengannya.

Dia juga menemukan bahwa para pelapor potensial ini tidak memahami arti dari on the record, off the record, atau on background. Selain itu, dia menemukan mereka tidak mengerti bagaimana mencari penasihat hukum, jadi dia menciptakan tempat bagi mereka untuk belajar lebih banyak.

Ozoma menggambarkan situs web sebagai "seperangkat sumber daya yang dapat membantu orang membuat keputusan yang terbaik untuk mereka." Kunjungan ke The Tech Worker Handbook mendukung hal ini, dengan tema "Kesiapsiagaan adalah Kekuatan" yang berlaku di semua konten situs.

Ini menampilkan bagian tentang Hukum, Media, Keamanan, dan Cerita, serta informasi tentang banyak kontributor buku pegangan. Meskipun baru, situs ini sudah sangat menyeluruh, dengan bagian Hukum, misalnya, menawarkan perincian tentang di mana harus memulai dan bagaimana membangun sistem pendukung selama proses berlangsung.

Namun, ini hanyalah puncak gunung es dari apa yang ditawarkan The Tech Worker Handbook. Sangat mudah untuk melihat situs menjadi faktor utama dalam mempersenjatai pelapor masa depan dengan informasi yang tepat.

Buku Pegangan hanyalah langkah terbaru dari beberapa langkah Ozoma untuk mendukung mereka yang ada di industri teknologi. Dia juga mencoba untuk mendapatkan undang-undang yang disahkan di California yang akan melindungi karyawan teknologi yang berbicara, Undang-Undang Tidak Ada Lagi. Saat ini sedang menunggu tanda tangan gubernur. Namun, RUU tersebut telah meningkatkan kesadaran akan banyak masalah di bidang teknologi yang perlu mendapat perhatian..