Facebook Padam Lagi Hari Jumat, Minta Maaf Lagi Karena Kesalahan Sama Terulang Lagi
Facebook padam dua kjali dalam seminggu, menjadi olok-olok di media sosial. (foto: twitter)

Bagikan:

JAKARTA -Facebook Inc kembali meminta maaf kepada pengguna atas gangguan selama dua jam pada layanannya pada Jumat 8 Oktober dan menyalahkan perubahan konfigurasi yang salah lainnya, untuk pemadaman global kedua minggu ini.

Perusahaan mengkonfirmasi platform media sosialnya, Instagram, Messenger, dan Workplace juga terkena dampak pemadaman terbaru.

"Permintaan maaf yang tulus kepada siapa pun yang tidak dapat mengakses produk kami dalam beberapa jam terakhir," kata perusahaan itu. "Kami memperbaiki masalah ini, dan semuanya akan kembali normal sekarang."

Selama pemadaman terakhir, beberapa pengguna tidak dapat memuat umpan Instagram mereka, sementara yang lain tidak dapat mengirim pesan di Facebook Messenger.

Publik pengguna media sosial dengan cepat beralih ke Twitter untuk berbagi meme dan lelucon tentang gangguan layanan kedua minggu ini. "Sepertinya Facebook pergi ke minggu kerja 3 hari. Senin dan Jumat tutup?" kata seorang pengguna Twitter.

Instagram berterima kasih kepada pengguna atas kesabaran mereka dan "untuk semua meme minggu ini".

Pada Senin, 4 Oktober, raksasa media sosial itu menyalahkan "perubahan konfigurasi yang salah" untuk pemadaman hampir enam jam yang membuat 3,5 miliar pengguna mereka gagal mengakses media sosial dan layanan pesannya seperti WhatsApp, Instagram, dan Messenger.

Pemadaman pada Senin lalu adalah yang terbesar yang pernah dilihat oleh grup pemantau web Downdetector dan memblokir akses ke aplikasi untuk miliaran pengguna, yang menyebabkan lonjakan penggunaan media sosial dan aplikasi perpesanan saingan.

Pejabat Moskow mengatakan pemadaman hari Senin menunjukkan Rusia benar untuk mengembangkan jaringan media sosialnya sendiri, sementara kepala antimonopoli UE Margrethe Vestager menyoroti dampak dari hanya mengandalkan beberapa pemain besar, menggarisbawahi perlunya lebih banyak saingan.

Kedua pemadaman tersebut menambah tekanan di Facebook minggu ini setelah seorang mantan karyawan yang menjadi pelapor menuduh perusahaan pada hari Minggu berulang kali memprioritaskan keuntungan daripada menekan ujaran kebencian dan informasi yang salah.