Pendiri  Ethereum  Vitalik Buterin Masuk   Daftar 100 Orang Paling Berpengaruh Tahun 2021 Versi  <i>Time</i>
Vitalik Buterin masuk ke dalam 100 tokoh paling berpengaruh versi majalah Time (Bitgid)

Bagikan:

JAKARTA – Pendiri Ethereum, Vitalik Buterin masuk ke dalam deretan orang paling berpengaruh tahun 2021 versi majalah Time. Buterin sejajar dengan sejumlah tokoh terkenal dari berbagai bidang.

Buterin termasuk ke dalam daftar inovator majalah Time tahun ini bersama dengan nama-nama beken lainnya seperti Jansen Huang (CEO Nvidia), bos Tesla dan pendukung kripto DOGE, Elon Musk, dan Presiden AS Joe Biden serta sejumlah nama penting lain.

Sebagai informasi, Vitalik Buterin merupakan seorang programmer keturunan Rusia-Kanada. Buterin adalah pencipta kripto Ethereum. Lelaki berusia 27 tahun ini mempunyai kekayaan sekitar 1,1 miliar dolar AS (Rp15,37 triliun) setelah harga kripto ETH melonjak.

Melansir Cointelegraph, Alexis Ohanian selaku founder Reddit mengungkapkan peran Buterin dalam mengembangkan jaringan Ethereum (ETH) yang memiliki kapitalisasi pasar dalam jumlah yang fantastis, senilai lebih dari 400 miliar dolar AS (setara Rp5,8 kuadriliun). Dia juga telah mendorong pengembangan DApps atau aplikasi terdesentralisasi dan juga NFT.

“Tidak ada satu orang pun yang dapat menemukan semua manfaat Ethereum, tapi hanya butuh ide satu orang untuk memulainya,” ungkap Ohanian. “Dari sana, dunia baru telah terbuka, dan memunculkan cara baru untuk memanfaatkan teknologi blockchain.”

Majalah Time yang sudah berdiri sejak tahun 1923 itu  lebih terbuka pada dunia kripto dan merangkulnya dalam bisnis sendiri. Pada Maret lalu, Time dikabarkan tengah mencari Chief Financial Officer (CFO) yang merasa “nyaman dengan Bitcoin dan kripto”. Majalah yang didirikan oleh Briton Hadden dan Henry Luce itu dilaporkan melelang tiga cover majalahnya dalam bentuk NFT.

Tidak lama setelah itu, Time mengintegrasikan mata uang kripto ke dalam bisnisnya. Time menerima pembayaran dalam bentuk kripto bagi pengguna yang ingin menikmati majalah versi digitalnya. Tidak berhenti sampai di situ, Time juga telah menjalin kerjasama dengan perusahaan manajemen investasi kripto terbesar, Greyscale. Pembayaran Bitcoin yang diterima pihak majalah akan di-hold pihak perusahaan.

“Waktu bahkan belum memasuki babak pertama dari apa yang ingin kami lakukan dengan kripto,” kata presiden majalah Time, Keith Grossman beberapa waktu lalu.

Majalah Time telah menjadi perusahaan berita mingguan paling penting di Amerika Serikat. Time kerap membuat daftar tokoh berpengaruh setiap tahunnya. Hingga saat ini majalah tersebut dilaporkan sudah mempunya pelanggan mingguan dari berbagai belahan dunia sebanyak 20 juta pelanggan.