Pendiri Ethereum Vitalik Buterin Sebut NFT Bored Ape adalah Bentuk Lain dari Perjudian
NFT Bored Ape Yacht Club. (OpenSea)

Bagikan:

JAKARTA – Pendiri Ethereum Vitalik Buterin menyindir NFT populer Bored Ape Yacht Club (BAYC). Menurutnya, BAYC adalah “bentuk lain dari perjudian”. Pendapat tersebut disampaikan Buterin dalam wawancara dengan majalah TIME.

Sebagai informasi, NFT Bored Ape merupakan seni digital yang sangat populer di semesta non-fungible token. Sejumlah nama besar termasuk selebriti dan atlet olahraga papan atas seperti Eminem, Justin Bieber, Serena Williams, dan Neymar Jr. telah membeli BAYC.

Bieber sendiri telah membeli NFT BAYC Ape #3001 seharga Rp18 miliar dalam Ethereum. Sedangkan bintang rap Eminem merogoh kocek Rp6,4 miliar dalam ETH untuk membeli Ape #9055. Bintang sepak bola yang bermain di PSG, Neymar juga mengikuti boom NFT bergambar kera tersebut. Pada Januari lalu, dia membeli Ape #6633 seharga 159,99 Ethereum atau senilai Rp6,6 miliar di harga ETH saat itu.

Meski BAYC begitu hype, bos Ethereum Vitalik Buterin menilai NFT bergambar kera yang dibanderol jutaan dolar tersebut sebagai jenis perjudian belaka.

“Bahayanya adalah Anda memiliki monyet senilai 3 juta dolar AS ini dan itu menjadi jenis perjudian yang berbeda,” ujar Buterin kepada majalah TIME.

Kendati begitu, Buterin mengungkapkan ada hikmah di balik meledaknya NFT BAYC. Menurutnya, ini mengingatkan banyak orang bahwa tujuan kripto bukan bermain-main dengan gambar-gambar kera bernilai jutaan dolar AS tersebut.

“Satu hikmah dari situasi dalam tiga minggu terakhir adalah bahwa hal itu telah mengingatkan banyak orang di ruang crypto bahwa pada akhirnya tujuan kripto bukanlah untuk bermain-main dengan gambar monyet bernilai jutaan dolar, itu (kripto ditujukan) untuk melakukan hal-hal yang mencapai efek yang berarti di dunia nyata.”

“Saya lebih suka Ethereum menyinggung beberapa orang daripada berubah menjadi sesuatu yang tidak berarti apa-apa,” tutupnya.