Universal Music Group  Bentuk Band, Anggotanya NFT Bored Ape dan Konser di Metaverse
Universal Music Group bentuk ban yang semua anggotanya adalah NFT. (foto: @therealkingship)

Bagikan:

JAKARTA –  Universal Music Group memanfaatkan popularitas token yang tidak dapat dipertukarkan, NFT,  dengan mengakuisisi salah satu kartun kera yang telah menguasai dunia koleksi digital. Ini dilakukan untuk memimpin grup musik yang sepenuhnya virtual.

Pada Jumat, 18 Maret, label Universal 10:22PM mengatakan mereka membayar 360.817 (Rp 5,7 miliar) untuk membeli Bored Ape #5537 – sebuah karya NFT berupa karakter wanita yang sekarang dikenal sebagai Manager Noët All, untuk memimpin grup yang didirikan pada November lalu, bernama Kingship.

Kingship, yang hanya ada dalam bentuk digital, akan memiliki situs web dan kehadirannya sendiri di platform perpesanan Discord. Pada akhirnya grup ini juga akan menghasilkan musik baru dan memberikan pertunjukan virtual di metaverse, istilah yang biasa digunakan untuk menggambarkan tempat di mana dunia fisik dan digital bertemu. Seperti Manajer Noët All, semua anggota band adalah NFT - tiga Kera Bosan dan Kera Mutan, yang merupakan pinjaman dari kolektor Jim McNelis.

"Untuk menjadi bagian dari budaya, saya pikir itu akan menjadi hal yang luar biasa," kata McNelis, seperti dikutip Reuters.

Ide membuat band virtual dari karakter digital bukanlah hal baru. Gorillaz, sebuah band virtual yang dibentuk pada tahun 1998 oleh musisi Damon Albarn dan komikus Jamie Hewlett, merilis tujuh album di label Parlophone Warner Music Group. Bahkan salah satu bintang pop Jepang, Hatsune Miku, adalah hologram.

Untuk Kingship, label Universal 10:22PM mencari salah satu koleksi NFT paling terkenal di blockchain, Bored Ape Yacht Club, yang terdiri dari 10.000 kera antropomorfik,  yang masing-masing dengan pakaian, bulu, dan ekspresi yang berbeda.

Bored Apes telah menjadi simbol status bagi selebritas, dengan investor termasuk pembawa acara "The Tonight Show" Jimmy Fallon, bintang pop Justin Bieber, superstar NBA Steph Curry dan investor miliarder Mark Cuban telah mengoleksinya.

Untuk Universal Music, Kingship memberikan kesempatan untuk belajar bagaimana membuat karakter dan cerita yang membangkitkan kegembiraan di metaverse.

"Ini tentang memahami etos ruang," kata pendiri 22:22 Celine Joshua, yang labelnya berfungsi sebagai laboratorium untuk bereksperimen dengan bentuk hiburan baru.