Mantan Deputi Gubernur Bank Sentral India Usulkan Kripto Diterima Pemerintah, Ini Penjelasannya
Rama Subramaniam Gandhi, mantan deputi gubernur bank sentral India. (foto: facebbook)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan Deputi Gubernur Reserve Bank of India (Bank Sentral India) telah berbicara tentang ekosistem keuangan dan kripto nasional dan menyatakan bahwa aset digital tersebut perlu diterima oleh negara.

Berbicara pada konferensi virtual HODL '21 perdana yang diselenggarakan oleh Blockchain and Crypto Assets Council (BACC) dari Internet and Mobile Association of India (IAMAI) pada 7 September, Rama Subramaniam Gandhi mengatakan bahwa kripto dapat digunakan untuk pembayaran untuk kegiatan ekonomi tapi dia melihat mereka lebih sebagai kelas aset.

Situasi peraturan di India masih belum jelas dengan undang-undang  yang masih dipertimbangkan oleh para politisi. Awal bulan ini, pemerintah mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan rancangan undang-undang untuk mendefinisikan mata uang kripto sebagai komoditas di mana mereka dapat dikenakan pajak. Jika disahkan, itu tidak akan memungkinkan mereka untuk digunakan untuk pembayaran, tetapi diperdagangkan dan diinvestasikan sebagai aset.

Bank sentral melarang semua bank komersial untuk mengizinkan pelanggan mereka melakukan transaksi terkait mata uang kripto pada tahun 2018. Namun, keputusan itu dibatalkan oleh Mahkamah Agung pada Februari 2020.

Gandhi, yang menjabat di bank sentral dari 2014 hingga 2017, berpendapat bahwa mata uang kripto perlu diperlakukan sebagai aset atau komoditas dan dikenakan pajak yang sesuai. Mengembangkan kerangka peraturan dan memperlakukannya seperti itu akan memungkinkan orang India untuk berinvestasi dan memegang aset digital. Jika aset telah ditambang bukan dibeli, mereka harus dikenakan pajak capital gain, tambahnya.

“Mata uang kripto harus dibayar melalui saluran pembayaran normal. Jika tidak, itu harus dianggap ditambang, dan pajak capital gain harus dipungut. Itu seperti pengungkapan sukarela,” kata Gandhi.

Mantan bankir sentral itu berpendapat bahwa mata uang kripto akan digunakan untuk kejahatan jika tidak ada peraturan atau pengawasan dari pemerintah. Dia mengatakan bahwa transaksi dapat dilacak melalui repositori pusat untuk memfasilitasi perdagangan dan mencegah penggunaan ilegal.

Gandhi menyatakan bahwa pemerintah harus berpikiran terbuka terhadap transaksi ekonomi yang melibatkan cryptocurrency, tetapi memperingatkan tentang fitur anonimitas yang dimiliki beberapa blockchain, menambahkan bahwa masyarakat harus mematuhi aturan kepatuhan yang ditetapkan oleh negara.

“Sebuah negara akan selalu ingin memberikan kebebasan kepada warganya dalam hal transaksi ekonomi. Ini memberlakukan kewajiban kontrak dan pajak pendapatan dan keuntungan. Jadi, setiap kegiatan ekonomi harus menerima hal-hal semacam ini,” pungkas Gandi.