VW Mulai Uji Van Kombi Otonom di Munich
VW Kombi listrik dengan teknologi autopilot tengah dijajaki oleh Volkswagen. (foto: Volkswagen)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah pertama kali memperkenalkan konsep minibus listrik futuristik lengkap dengan augmented reality HUD dan dasbor yang dapat dilepas beberapa tahun yang lalu, Volkswagen kini telah menawarkan tampilan pertama dari ID.Buzz yang dapat mengemudi sendiri.

Dimodelkan pada van Kombi Tipe 2 klasik, ID.Buzz sedang dikembangkan sebagai kendaraan untuk berbagi tumpangan otonom, dan prototipe awal van akan segera memulai pengujian di Munich.

Volkswagen mengungkapkan konsep minivan ID.Buzz futuristik pada tahun 2017, dan baru-baru ini muncul bahwa pembuat mobil akan bermitra dengan startup teknologi otonom Argo AI untuk menyesuaikannya dengan kemampuan autopilot. Melalui anak perusahaan mobilitasnya, Moia, VW berencana suatu hari nanti memiliki versi produksi dari ID.Buzz yang bertindak sebagai tulang punggung layanan berbagi kendaraan otonom untuk mengurangi kemacetan di pusat kota.

Masa depan seperti itu masih jauh, tetapi perusahaan telah menghadiri pameran mobil IAA Mobility tahun ini di Munich untuk berbagi rasa tentang apa yang sedang dikerjakannya. Perusahaan mengambil kesempatan untuk mempresentasikan salah satu dari lima prototipe ID.Buzz self-driving pertama yang sepenuhnya listrik, dan merinci rencananya seputar pengujian di area tersebut.

Prototipe Buzz AD,  menggunakan teknologi mengemudi otonom Argo AI, yang mengandalkan kamera, radar, dan sensor LiDAR besar yang bertengger di atap. Perangkat lunak komputer terpasang membangun citra 360 derajat dari lingkungan sekitar saat Buzz AD bergerak di jalan-jalan, memprediksi pergerakan pejalan kaki, sepeda, dan kendaraan lain serta mengendalikan mesin, pengereman, dan kemudi yang sesuai.

Menurut VW, prototipe saat ini dapat mendeteksi objek dari jarak lebih dari 400 m  dan, menggunakan teknologi yang dipatenkan yang disebut mode Geiger, mendeteksi foton cahaya tunggal untuk mengungkapkan objek dengan reflektifitas rendah, seperti kendaraan yang lebih gelap. Ini adalah kendaraan pertama perusahaan yang dilengkapi dengan otonomi SAE Level 4.

Prototipe ini saat ini sedang menjalani pengujian di fasilitas tertutup di bandara internasional Munich, tetapi VW dan Argo AI berencana untuk segera memulai pengujian di jalan-jalan kota di Munich yang lebih besar. Pada akhirnya, tujuannya adalah untuk menggunakan self-driving ID.Buzzes untuk layanan berbagi tumpangan otonom Moia di Hamburg pada tahun 2025.

"Kota-kota di seluruh dunia ingin membuat lalu lintas mereka lebih efisien dan lebih ramah iklim," kata CEO Moia, Robert Henrich. "Pengumpulan kendaraan otonom meningkatkan mobilitas perkotaan, meningkatkan keselamatan jalan, dan membuat kota lebih menarik. Hamburg akan menjadi kota pertama yang menawarkan pengumpulan kendaraan otonom."