ID Buzz, Calon Pengganti Mobil Legendaris VW Combi  yang Tampil dengan Tenaga Listrik
ID Buzz dari VW siap diproduksi. (foto: volskwagen)

Bagikan:

JAKARTA – Setelah hampir lima tahun lalu, ketika pertama kali mengungkapkan konsep ID Buzz di pameran mobil Detroit, Volkswagen akhirnya siap untuk memamerkan versi siap produksi dari kendaraan kesayangannya. CEO VW Herbert Diess membuat tweet bahwa "legenda kembali" pada tanggal 9 Maret, bersama dengan gif dari Microbus yang menjadi ikon pembuat mobil asal Jerman ini.

VW Microbus yang bereinkarnasi dari VW Combi, sebagai kendaraan listrik, tidak pernah menjadi kesimpulan yang pasti. Namun akhirnya VW pun memutuskan lampu hijau bagi mobil konsep ini untuk diproduksi. Bahkan diklaim akan siap mengaspal pada tahun 2023.

Kendaraan tersebut merupakan penghormatan yang jelas kepada kendaraan ikonik yang dijual perusahaan di Amerika Utara antara tahun 1950 dan 1980. Versi produksi dari mobil konsep ini diharapkan sedikit menyimpang dari aslinya karena semua baterai akan dipasang di bawah lantai. Bayangkan sebuah Chevrolet Bolt yang lebih panjang dan lebih mirip van, maka Anda bisa mendapatkan gambaran seperti apa VW elektrik itu nanti dikendarai.

Menurut laporan The Verge, mereka telah disuguhi sebuah gambar ID Buzz yang diselimuti sensor dan perangkat keras berteknologi tinggi dalam perannya sebagai kendaraan uji otonom di Jerman. VW mengatakan Microbus otonom ini akan berfungsi sebagai platform untuk operasi transportasi dan pengiriman komersial skala penuh yang rencananya akan diluncurkan di Jerman pada 2025.

Namun The Verge juga masih belum tahu banyak detail tentang EV yang akan datang. Termasuk apakah VW berencana untuk tetap menggunakan nama ID Buzz yang sedikit cheesy. Namun kita tahu bahwa Microbus akan menjadi platform kendaraan listrik modular yang diproduksi massal oleh VW, atau “MEB.”

Model ini akan bergabung dengan kendaraan MEB lainnya, termasuk hatchback ID 3, SUV crossover ID 4, dan SUV sporty ID 5 yang akan datang. VW mungkin telah kehilangan kepercayaan dari konsumen setelah skandal emisi diesel. Namun reinkarnasi mobil listrik dari Microbus yang ikonik, mungkin merupakan hal terbaik untuk mengatasi beberapa skeptisisme itu.