Volkswagen Segera Luncurkan ID Aero, EV yang Diklaim Paling Modern dan Jarak Tempuh Lebih Jauh
Volkswagen ID Aero, tercanggih di kelasnya. (foto; twitter @volkswagen)

Bagikan:

JAKARTA - Volkswagen mengumumkan konsep sedan listrik baru yang bergaya, ID Aero. Kendaraan ini  rencananya akan diproduksi di China pada tahun 2023. Bentuk aerodinamis EV dan panjang 16 kaki akan membantu memungkinkan kendaraan ini memiliki jangkauan hingga 385 mil atau 620 km berdasarkan WLTP Eropa.

ID Aero akan dibangun di atas platform MEB fleksibel VW, yang juga digunakan untuk memberi daya pada model listrik lainnya. Pembuat mobil juga mengklaim koefisien drag ultra-rendah 0,23, yang membuatnya setara dengan mobil listrik Jerman mewah lainnya di kelasnya, seperti BMW i4 dan Mercedes-Benz EQS.

Jika tidak, tidak banyak yang membedakan ID Aero dari para pesaingnya. Ada lightbars LED lebar penuh di bagian depan dan belakang kendaraan, yang merupakan fitur umum di antara EV saat ini. VW memilih atap hitam mengkilap daripada kaca, dan velg 21 inci yang pasti akan membantu menjaga jarak tempuh saat berkendara.

VW mengatakan ID Aero akan menjadi andalannya dalam keluarga EV ketika mulai dijual di China, Eropa, dan Amerika Utara. Mobil ini akan diluncurkan di China terlebih dahulu, dan muncul  setelah kendaraan ID 3, ID 4, dan ID 6.

Pelanggan akan dapat memilih dari dua model, satu dibuat oleh FAW-Volkswagen dan yang lainnya dari SAIC Volkswagen.

Sepeerti dilaporkan oleh The Verge, VW tidak banyak bicara tentang konsep ini, jadi jika ingin mendengar lebih banyak maka calon pembeli harus lebih detail untuk bertanya tentang kapasitas energi dan konfigurasi motor.

Fakta bahwa VW memamerkan sedan, bukan S

UV atau truk, menyiratkan mobil ini sebagian besar ditujukan untuk pasar mewah di Eropa dan China. Tetapi bahkan kemudian, itu akan memiliki jalan yang sulit di depan, karena Tesla, Lucid, Mercedes-Benz, dan BMW sudah pindah unit.

Saat dirilis, ID Aero akan bergabung dengan hatchback ID 3, SUV kompak ID 4, coupe ID 5, dan microbus ID Buzz sebagai anggota terbaru dari jajaran kendaraan listrik VW yang berkembang pesat. Bahkan di China juga akan mendapatkan ID 6 memanjang di beberapa titik di masa depan.

Keluarga ID VW juga mencakup versi konsep SUV besar (ID Roomzz) dan dune buggy (ID Buggy). Semua sedang dibangun di atas platform kendaraan listrik modular MEB Volkswagen.