Clubhouse Tambahkan Kemampuan Audio Spasial, Bikin Obrolan Jadi Lebih Nyata
Perangkat lunak Clubhouse sekarang akan menetapkan posisi tertentu untuk setiap speaker di ruangan. (foto: Josh Rose / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Clubhouse baru saja meluncurkan peningkatan pada layanannya, dengan menambahkan kemampuan audio spasial. Memungkinkan orang berbicara menggunakan suara mereka yang sebenarnya, dan membuat mereka lebih bertanggung jawab.

Mengutip Engadget, Senin, 30 Agustus, dengan hadirnya audio spasial memberi pengalaman pengguna dan peserta lainnya seperti obrolan di dunia nyata. Pengguna mungkin akan ingat siapa yang berbicara berdasarkan dari mana suaranya berasal, bukan hanya seperti apa suaranya.

Sementara audio spasial ini memungkinkan pembedaan yang lebih baik di antara setiap suara. Misalnya (lihat video di unggahan Clubhouse di Twitter), bahwa suara John akan datang dari kiri, sedangkan suara Jane akan datang dari kanan selama obrolan berlangsung.

Untuk mensimulasikan jarak audio, perangkat lunak Clubhouse sekarang akan menetapkan posisi tertentu untuk setiap speaker di ruangan. Clubhouse mengatakan bahwa sumber musik dan stereo juga akan diposisikan, dan mempertahankan pemisahan stereo yang ditetapkan di ruang buatan seperti dikutip dari Social Media Today.

Satu-satunya hal yang menarik adalah bahwa pembicara itu sendiri tidak akan mendapatkan pengalaman yang sama, audio spasial hanya akan aktif untuk peserta mereka. Tentu saja itu dapat menghadirkan beberapa tantangan dalam manajemen saat acara berlangsung, tetapi juga dapat membantu mereka yang berada di room untuk mengikuti percakapan dengan lebih baik.

Selain itu, audio spasial ini nantinya bisa digunakan pada semua headphone berkabel dan nirkabel, tetapi sayang pengguna tidak bisa menggunakan audio Bluetooth karena keterbatasan teknis, tetapi Clubhouse berjanji akan mempelajari lebih lanjut.

Namun, fitur ini baru tersedia untuk pengguna iOS saja, sedangkan di perangkat Android, perusahaan berjanji akan segera menghadirkannya. Pembaruan ini tentunya akan membantu Clubhouse dengan 10 juta pengguna pada Mei lalu mempertahankan minat pemirsa, yang tampaknya aplikasi semakin menghadapi persaingan yang ketat. Sekarang Clubhouse dapat menampung sekitar 700.000 room di aplikasi setiap hari, meningkat 130 persen dari tiga bulan yang lalu.