Instagram Mudahkan Cari Topik Berdasarkan Minat Pengguna
Kini fitur pencarian Instagram cukup sederhana. (foto; instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Instagram sedang berupaya membuat fungsi pencariannya lebih intuitif. Aplikasi ini bereksperimen dengan perubahan yang memungkinkan pengguna mencari konten berdasarkan topik, bukan username atau tagar.

Sejatinya, hingga kini fitur pencarian Instagram cukup sederhana. Misalnya ketika kita mengetik "anak kucing" ke dalam bilah pencarian, dan akan memunculkan hasil untuk akun atau tagar tertentu, tetapi kita harus melompati halaman yang berbeda untuk benar-benar menemukan konten kucing.

“Kami telah bereksperimen dengan apa yang secara internal kami sebut pencarian minat. Berbagai topik dan berbagai bahasa, kami bekerja untuk memperluas fitur tersebut," ungkap Bos Instagram, Adam Mosseri pada cuitan akun Twitter-nya seperti dikutip dari Engadget, Kamis, 26 Agustus.

Namun dengan pembaruan tersebut, pencarian konten berdasarkan topik di Instagram akan lebih seperti Pinterest, dengan hasil foto dan video yang terkait dengan topik tersebut.

Pembaruan ini jelas berbeda dari Feeds, Story, Reels, dan Explore karena masukan pengguna membantu Instagram mencari tahu apa yang akan ditampilkan kepada mereka.

"Pencarian Anda memberi tahu kami apa yang Anda cari, dan itu terlihat ketika hasilnya tidak berguna. Penting bagi kami untuk melakukannya dengan benar, jadi kami mencoba mengatur hasil penelusuran menurut apa yang paling relevan bagi Anda, apakah itu teman dekat, pembuat konten yang Anda sukai, atau ide untuk makanan penutup vegan," ujar Mosseri.

Tidak hanya satu, pembaruan besar lainnya juga hadir untuk fitur pencariannya dalam beberapa bulan terakhir. Aplikasi ini juga bekerja pada pencarian visual fitur yang memungkinkan pengguna menemukan produk menggunakan kamera dalam aplikasi. Sayangnya perusahaan belum membagikan detail tambahan.