Instagram Mudahkan Pengguna Cari Konten Berdasarkan Kata Kunci
Fitur pencarian kata kunci di Instagram (dok. Instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Seperti mesin pencarian Google, kini Instagram dapat mencari konten hanya dengan menggunakan kata kunci (keyword) di platformnya. Pembaruan fitur ini akan mulai diuji coba di enam negara, seperti Inggris, Amerika Serikat (AS), Irlandia dan Kanada.

Dikutip dari The Verge, Rabu 18 November, pengguna hanya dapat mencari dengan tagar atau mencari akun. Misalnya, saat ingin mencari "resep sehat" pengguna hanya dapat menelusuri unggahan yang ditandai #resepsehat atau akun dengan variasi "resep sehat" pada nama atau biografi mereka. 

Juru bicara Instagram mengatakan, bakal mempertimbangkan sejumlah faktor lain dalam pencarian kata kunci, termasuk jenis konten, keterangan, dan kapan postingan itu diunggah. Sehingga pengguna dapat mendapatkan lebih banyak informasi yang relevan terkait pencarian kata kunci. 

Fitur ini juga menggunakan teknologi machine learning dari kecerdasan buatan/AI untuk menemukan konten yang relevan untuk penggunanya. Sehingga istilah tertentu dapat dicari

"Pencarian tak terbatas pada topik umum dan kata kunci yang ada dalam pedoman komunitas Instagram," kata juru bicara Instagram.

Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan The Verge, kata kunci seperti "vaksin", "QAnon", atau bahkan "Trump" atau "Biden," masih belum bisa ditemukan. Namun, kata kunci seperti "anak anjing", "pasta" atau "bunga," dapat ditelusuri.

Tentunya ini menjadi perubahan besar yang diterima platform Instagram, di mana layanan ini akan memudahkan pengguna untuk mencari kata kunci populer di media sosial. Namun perlu diingat fitur ini masih dalam tahap pengujian atau versi beta, belum diketahui kapan Instagram akan menggulirkan pembaruannya secara global.