YouTube Shorts Meluncur Sebagai Pesaing TikTok di India
Fitur YouTube Shorts (dok. YouTube Blog)

Bagikan:

JAKARTA - Saat masa depan TikTok di Amerika Serikat tengah diujung tanduk. Banyak platform yang memanfaatkan kesempatan itu untuk meluncurkan fitur baru, salah satunya YouTube.

Platform berbagi video milik Google baru saja meluncurkan YouTube Shorts. Sebuah pintasan untuk melihat video singkat berdurasi 15 detik.

Mengutip Techcrunch, Selasa 15 September, fitur baru YouTube mulai diuji coba untuk penggunanya di YouTube. Sekilas fitur ini mirip dengan TikTok yang memungkinkan penggunanya untuk membuat dan menonton video pendek langsung di platform YouTube. 

Kreator bisa menggunakan fitur kamera multi-segmen yang dapat menggabungkan klip terpisah. Serta kontrol kecepatan, timer dan hitung mundur sehingga pengguna dapat membuat video tanpa perlu memegang ponsel.

Jika pengguna YouTube telah memperbarui aplikasi mereka, maka saat membuka beranda bilah Shorts akan terlihat di sana. Bilah video ini akan menyertakan semua konten YouTube Shorts dari kreator favorit.

Sama hal nya seperti TikTok, pengguna pun dapat dengan mudah menggeser ke atas atau ke bawah untuk pindah ke video berikutnya. Platform ini juga akan merekomendasikan pengguna konten Shorts baru.

Sejatinya, proyek YouTube Shorts pertama kali diperkenalkan pada April lalu. Dalam postingan blognya, YouTube sedang mengujicoba fitur ini untuk perangkat Android dan iOS. 

Terlebih TikTok yang saat ini tengah dilarang di berbagai negara, salah satunya di India. Lainnya, YouTube juga beralasan bahwa India adalah salah satunya pasar yang tumbuh paling cepat untuk layanan streaming video. 

Tak hanya YouTube, Instagram juga memanfaatkan moment TikTok untuk merilis fitur baru, yakni Reels. Fitur ini juga memiliki pengalaman perekaman video kreatif ala TikTok.