Membuat Bising dan Ganggu Warga, Tambang Bitcoin di Alberta Terpaksa Tutup
Keheningan kota Alberta, Kanda, terganggu oleh bisingnya tambang bitcoin. (foto; alberta.gov)

Bagikan:

JAKARTA – Ketika penduduk dari komunitas perkebunan yang makmur di Alberta, Kanada, mulai mendengar suara bising dari pembangkit listrik terdekat, mereka tidak menyangka keluhan mereka tentang malam tanpa tidur akan mengarah pada penyelidikan selama berbulan-bulan. Upaya ini akhirnya menemukan operasi penambangan bitcoin telah mendirikan pabrik tanpa persetujuan.

Sekarang, Link Global, perusahaan di balik lokasi tersebut, diperintahkan oleh komisi utilitas provinsi untuk menutup dua pabrik sampai dapat membuktikan bahwa itu diizinkan untuk beroperasi. Ini menjadi sebuah langkah yang menurut perusahaan akan merugikan pekerjaan dan menyebabkan infrastruktur minyak dan gas di mana beroperasi untuk duduk tidak aktif.

Jeff Kocuipchyk pertama kali mulai mendengar suara itu pada musim gugur yang lalu. Dia adalah presiden Asosiasi Komunitas Greystone Manor, sebuah lingkungan kecil yang terletak di Sturgeon County, sekitar 10 kilometer dari pinggiran barat laut Edmonton.

"Ini berbeda setiap kali angin berubah arah. Ini seperti ombak ... tapi 10 kali lebih keras dan 100 kali lebih mengganggu," kata Kocuipchyk. "Ini hampir seperti mesin pesawat yang sedang menghangat di landasan ... itu sangat kacau sehingga tidak ada keluarga saya yang bisa tidur."

Larry Haas juga mendengarnya.  "Kami memiliki bak mandi air panas di belakang. Kami akan duduk dan pergi, 'Hei, pesawat apa yang mendarat di ladang kami?'" Kata Haas. "Ini damai. Itulah alasan mengapa Anda pindah ke sini. Ada premi yang Anda bayar untuk tempat seperti ini. Kemudian kebisingan mulai - dan tidak lagi tenang dan damai."

Kocuipchyk mengatakan suara itu dengan cepat menjadi topik diskusi di antara tetangga. Beberapa orang mengira itu mungkin peralatan pertanian. Kebisingan terburuk terdengar di sepanjang sebidang rumah yang memiliki lahan pertanian kosong di sebelah barat, rumah bagi apa yang mereka yakini sebagai fasilitas gas alam yang sudah tidak berfungsi.

Jadi Kocuipchyk memutuskan untuk menyelidiki. "Saya pergi ke sana dan ... berkata, 'Suara apa ini?' Saya tidak tahu seperti apa operasi penambangan bitcoin itu."

Link Global yang berbasis di Vancouver telah memasang empat generator gas 1,25 MW di lokasi tersebut, dan menarik listrik dari sumur gas alam yang tidak aktif yang dimiliki oleh perusahaan MAGA Energy yang berbasis di Calgary.

Gas alam menggerakkan ribuan server komputer yang menjalankan program untuk "menambang" mata uang digital, yang melibatkan penyelesaian persamaan matematika komputasi yang kompleks dan seringkali membutuhkan energi yang intensif.

Pengerjaan pabrik dimulai pada Agustus 2020, dan pada musim gugur, ketika tetangga mulai kesal, pabrik itu beroperasi dengan kapasitas penuh.

Hanya ada satu masalah: Perusahaan tidak memberi tahu tetangga tentang rencananya. Bahkan pemerintah kota atau komisi utilitas provinsi, yang memungkinkan pembangkit listrik didirikan tanpa persetujuan. Namun jika memenuhi beberapa persyaratan, termasuk hanya menghasilkan listrik untuk penggunaan perusahaan sendiri dan membuktikan bahwa pembangkit listrik tersebut tidak memiliki dampak buruk pada manusia atau lingkungan.

"Tidak ada yang memberi kami panggilan telepon yang mengatakan, 'Hei, kami akan melakukan ini,'" kata Haas. "Kurangnya rasa hormat untuk menjadi tetangga yang baik juga menambah frustrasi itu semua."

Sepuluh rumah tangga dari Greystone Manor, semuanya terletak di sepanjang sisi barat masyarakat, dengan halaman belakang menghadap pabrik, mengeluhkan kebisingan tersebut kepada Komisi Utilitas Alberta (AUC). Delapan pengadu menilai dampak pada kualitas hidup mereka sebagai enam dari 10 atau lebih tinggi. Tiga menilai tingkat keparahannya sebagai 10 dari 10.

Beberapa mengatakan itu membuat sulit untuk tidur dan bahkan lebih sulit untuk berada di luar atau membuka jendela.

Stephen Jenkins, CEO Link Global, adalah orang pertama yang mengakui bahwa debut perusahaan di wilayah tersebut tidak berjalan semulus yang diharapkan. "Ini salah saya. Saya menyalahkan sepenuhnya. Kami tidak berkonsultasi dengan warga," kata Jenkins.

Jenkins mengatakan segera setelah dia mengetahui keluhan kebisingan, perusahaan mengirimkan tim untuk mengukur tingkat desibel di daerah tersebut.

Perusahaan untuk sementara menutup operasi mengikuti perintah AUC dan mulai beroperasi hanya pada siang hari, meskipun butuh beberapa hari untuk menyelesaikannya. Ini juga menerapkan langkah-langkah pengurangan kebisingan, seperti dinding jerami dan sekat knalpot.

“Jika ada lebih banyak yang bisa dilakukan Link Global untuk membuat warga bahagia, itu akan terjadi,” kata Jenkins. “Bahkan jika itu berarti kami berkemas dan pergi ke tempat lain. Jika tidak berfungsi di sana, kita tutup saja; tutup pabrik, dan itu akan duduk di sana lagi."

Itu mungkin mengejutkan, tetapi Jenkins mengatakan tidak ada masalah untuk pindah; yang sesuai dengan cara dia melihat Link Global beroperasi dalam ekosistem energi Alberta.