Penambangan Bitcoin Timbulkan Suara Bising, Warga Lapor ke Wali Kota, Fasilitas <i>Mining</i> Kripto Langsung Ditutup
Suara bising dari penambangan kripto ganggu warga sekitar (CryptoWatchDaily)

Bagikan:

JAKARTA – Perusahaan penambangan Bitcoin Red Dog Technologies yang berlokasi di Tennessee, Amerika Serikat (AS) dituntut warga akibat suara bising yang ditimbulkan dari aktivitas penambangan Bitcoin.

Suara bising mesin penambangan tersebut dinilai “secara tidak wajar mengganggu” kehidupan warga sekitar. Oleh karenanya para tetangga mengadukan ketidaknyamanan tersebut kepada Walikota Washington County, Joe Grandy. Pengaduan tersebut sudah dilaporkan pada bulan Juni lalu.

Dari penyelidikan yang dilakukan, diketahui perusahaan penambangan Bitcoin tersebut tidak mematuhi persyaratan zonasi dalam melakukan operasi penambagan kripto di kawasan tersebut. Pihak Red Dog Technologies sendiri dilaporkan sudah berupaya meredam kebisingan tersebut. Namun warga tidak merasa puas.

Bitcoin.com News melaporkan tuntutan warga tampak seperti keluhan masyarakat pada umumnya. Meski demikian, gugatan ini memiliki kepentingan khusus yang bisa dijadikan sebagai preseden bagi kasus serupa. Pasalnya, perusahaan penambangan didirikan di kawasan yang sebelumnya terabaikan.

Gugatan tersebut meminta perencanaan ulang tata ruang bagi perusahaan listrik yang menyewakan properti ke Red Dog, operator tambang, dan fasilitas penambangan di zona tersebut. Permintaan rezoning mengusulkan untuk mengubah tipe zonasi dari Pertanian Umum ke Bisnis Pertanian. Tuntutan tersebut belum dianggap secara sah.

Meski kasus tersebut terdengar sepele, namun dengan adanya tuntutan dari warga bisa menyebabkan penutupan fasilitas penambangan Bitcoin. Belakangan dilaporkan bahwa Komisi Perencanaan Daerah di sana sudah memutuskan untuk menutup tempat mining Bitcoin dan akan menindak operator penambangan apabila Red Dog Technologies tidak bisa menaati keputusan tersebut.